Nantikan aplikasi kami di Google Play Store

HOME // Daerah // Nasional

   Pada: Rabu, 27 Mei 2020

Masyarakat Tak Disiplin, Surabaya Bisa Jadi Seperti Wuhan

Foto : Ketua Gugus tugas covid 19 Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi

Lenterainspiratif.com, SURABAYA — Banyaknya masyarakat yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan membuat khawatir banyak pihak. Beberapa pihak khwatir jika kesadaran masyarakat Surabaya yang rendah dalam menerapkan protokol kesehatan terus dibiarkan bukan tidak mungkin kondisi Surabaya bisa seperti di Wuhan.

Hal itu dikatakan Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur dr Joni Wahyuhadi. Menurutnya, Surabaya bisa menjadi seperti Wuhan jika warganya tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Itu karena mayoritas kasus Covid-19 di Jawa Timur ada di Surabaya.

Dari 4.112 kasus yang ada di Jawa Timur, Rabu (27/5/2020), Kota Surabaya menyumbang 2.216 kasus.

Sedangkan Sidoarjo dan Gresik yang termasuk dalam wilayah Surabaya Raya menyumbang masing-masing 565 kasus dan 153 kasus. Tiga daerah di Surabaya Raya ini menyumbang kasus Covid-19 terbanyak di Jatim.

“65 persen Covid ada di Surabaya Raya. Ini tidak main-main, Surabaya bisa jadi Wuhan kalau warganya tidak disiplin,” kata Joni, Kamis (28/5/2020).

Di Surabaya, ujar pria yang juga menjabat kata Dirut RSU dr Soetomo Surabaya ini, transmission rate penyebaran Covid-19 mencapai 1,6. Artinya, jika ada 10 orang positif Covid-19, dalam sepekan akan bertambah menjadi 16 orang.

“Jadi kita mutlak untuk disiplin, disiplin memakai masker, disiplin physical distancing, disiplin cuci tangan, disiplin hidup sehat,” ujar dia.

Laman: 12







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI