Kini kami hadir di Google play store, klik, unduh dan instal

HOME // Budaya // Daerah // Video

   Pada: Selasa, 23 Juni 2020

Asal Mula Prajuritkulon Kota Mojokerto

Lenterainspiratif.com | Mojokerto  – Desa Prajuritkulon dulunya sebagaian besar adalah daerah rawa-rawa dan sebagian yang lainnya merupakan kawasan semak belukar yang ditumbuhi oleh rerumputan dan ilalang.

Pada tahun 1815 ada perlawanan dari Prajurit Mataram kepada Tentara dan Pemerintah Belanda atas penjajahan yang semena-mena, namun Prajurit Mataram mengalami kekalahan dan sebagian Prajuritnya melarikan diri ke wilayah Timur. dalam pelariannya ke wilayah Timur sebagian dari Prajurit Mataram tersebut menggunakan jalur sungai dengan menyusuri sungai Brantas menuju Pelabuhan Canggu, namun ada sebagian yang terdampar di pesanggrahan wilayah Kecamatan Sooko Sekarang.

Terdapat 9 orang yang dipimpin oleh Mbah Sabuk Alu dan Mbah Cinde Amoh. Kemudian mereka mulai membuka daerah rawa-rawa serta semak belukar yang ada, yang semula sebagai tempat pelarian dari Tentara Hindia Belanda akhirnya daerah tersebut mereka kembangkan menjadi daerah pemukiman.

Kisah ini dapat dibuktikan dengan adanya peninggalan sejarah berupa 2 makam kuno yaitu makam “Mbah Sabuk Alu” dan makam “Mbah Cinde Amoh” yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat hingga sekarang.

Dengan demikian apabila dilihat dan latar belakang sejarahnya, Kelurahan Prajuritkulon berasal dari Kata “Prajurit” Kerajaan Mataram, sedangkan kata “Kulon” artinya barat, karena letaknya berada disebelah barat dari Kota Mojokerto. (roe/berbagai sumber)

<< Kembali | Selanjutnya >>







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI