close

HOME // Daerah

   Pada: Jumat, 22 Mei 2020

Ini Cerita Lengkap, Petugas RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Yang Tarik Biaya 3 juta

Ini Cerita Lengkap, Petugas RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Yang Tarik Biaya 3 juta
Foto : RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo

Lenterainspiratif.com | Mojokerto – Di tengah wabah covid 19 diduga salahsatu petugas RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo melakukan pungutan biaya pengurusan jenazah pasien PDP COVID-19 di Mojokerto sebesar Rp 3 juta.

Pemungutan tersebut sempat viral di media sosial yakni Facebook. Postingan itu menyertakan 3 video dan foto bukti pembayaran yang menyebutkan penerimaan uang sebesar Rp 3 juta untuk biaya pembayaran peti jenazah, kantong jenazah dan pemakaman jenazah.

Saat dikonfirmasi adanya dugaan praktek pungli tersebut, Pihak RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo menepisnya, dan sudah mengembalikan uang pemulasaran jenazah pasien PDP Covid-19 yang beralamat di Kabupaten Mojokerto.

“Jadi karena Surat Edaran (SE) Permenkes itu kan 6 April kemarin, jadi sosialisasi kita ke bawah, kadang ada yang sudah tahu tapi ada yang tidak tahu. Karena baru setelah ada SE semua (biaya pemakaman) mulai peti mati, plastik, serta biaya tenaga bisa diklaim,” kata Direktur RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo, dr Sugeng Mulyadi, Jumat 22 Mei 2020.

Adanya pungutan uang sebesar Rp 3 juta tersebut, lantaran ketidaktahuan petugas di kamar jenazah. Menurutnya, uang tersebut hanya digunakan sebagai titipan. Sebelum, petugas bernama Huda tersebut menyakan langsung ke atasannya terkait dengan biaya pemulasaraan jenazah PDP Covid-19 apakah bisa diklaimkan atau tidak.

“Karena meninggalnya malam, besoknya akan dikonfirmasi ke atasannya ke Pak Didik dan Bu Triyas. Dan benar akhirnya pagi 20 Mei 2020 dikonfirmasi, ada aturan dan harus dikembalikan. Anaknya (pasien) sudah dipanggil, tanggal 20 pagi jam 8 untuk disuruh kembalikan karena ada aturannya memang dikembalikan,” tambahnya.

Akan tetapi uang tersebut nyatanya belum juga diserahkan petugas rumah sakit. Hingga akhirnya, video dugaan pungli tersebut tersebar di dunia maya. Bahkan, video tersebut menjadi viral lantaran mendapatkan respon dari ribuan netizen yang mayoritas kesal dengan ulah petugas medis tersebut.

Laman: 12







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI