Friday, March 1, 2024
HomeGaya HidupEmpat Hal di Malam Hari yang Dapat Meningkatkan Kecerdasaan Otak

Empat Hal di Malam Hari yang Dapat Meningkatkan Kecerdasaan Otak

Lenterainspiratif.com | Gaya Hidup – Kecerdasan otak merupakan salah satu elemen penting yang harus dimiliki seseorang. Perlu diketahui aktivitas baik pada malam hari ternyata memengaruhi kesehatan otak.

Tapi tak cuma tidur, ada beberapa kebiasaan lain di malam hari yang bisa ikut meningkatkan kecerdasan otak. Apa saja?

1. Jauhkan ponsel sebelum tidur

Meski disebut ponsel pintar (smartphone), benda ini bisa membuat Anda semakin bodoh. Studi yang diterbitkan di Journal of The Association for Consumer Research menemukan, ponsel yang berada dalam jangkauan mengakibatkan ‘brain drain’.

Ponsel mampu mengurangi kapasitas kognitif, termasuk memori kerja, pembelajaran, penalaran logis, pemecahan masalah, dan kreativitas.

2. Baca buku

Kalau tidak memegang ponsel, lalu apa yang bisa dilakukan? Anda bisa membaca buku sebelum tidur. Membaca terbukti mampu menenangkan otak dan meningkatkan kecerdasan.

“Membaca secara konsisten terbukti memfasilitasi permulaan tidur, meminimalkan kecemasan dan menenangkan otak. Orang yang membaca secara teratur memiliki hasil kognitif yang lebih baik,” kata Reid Kehoe, neuropsikolog di Northwestern Medicine, mengutip dari Livestrong.

3. Tidur cukup

Saran ini terus digaungkan para ahli kesehatan. Tidur memang punya peran penting dalam kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Berkaitan dengan otak, Forbes melaporkan, kurang tidur mengganggu memori dan pembelajaran. Otak jadi lebih lambat berpikir, Anda gampang lupa, dan fokus hanya berlangsung singkat.

4. Jam tidur dan bangun tetap

Waktu tidur yang konsisten jadi salah satu kebiasaan baik di malam hari. Anda bisa memasang pengingat atau alarm agar tahu waktunya tidur dan bangun.

“Waktu tidur yang tidak teratur membuat ritme tidur lebih sulit dipertahankan, yang dapat berdampak buruk pada fungsi kognitif,” kata Kehoe. (Dik)

Artikel Terkait

Terpopuler