Monday, February 26, 2024
HomeTipsTiga Cara Jitu Mengelola Sampah di Rumah Tanpa Resiko Polusi Udara

Tiga Cara Jitu Mengelola Sampah di Rumah Tanpa Resiko Polusi Udara

 

Lenterainspiratif.com | Tips – Banyak orang beranggapan membakar sampah adalah sebuah kebiasaan yang wajar, padahal aktivitas membakar sampah bisa menimbulkan polisi udara dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Sampah perlu dikelola dengan baik agar tak mencemari lingkungan. Apalagi, bau sampah yang tidak sedap juga mengganggu kenyamanan sekitar.

Lantas, bagaimana cara yang tepat mengelola sampah rumah tangga? Simak ulasannya.

1. Memilah sampah

Memisahkan sampah sesuai jenisnya jadi cara paling tepat dalam mengelola sampah. Sampah terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu sampah organik, anorganik, dan sampah B3.

Melansir laman Kemendikbud, sampah organik adalah sampah yang bisa membusuk dan terurai sehingga bisa diolah menjadi kompos, misal sisa makanan, daun kering, dan sayuran.

Sampah anorganik adalah sampah yang sulit membusuk dan tidak dapat terurai namun dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang baru dan bermanfaat. Misalnya botol plastik, kertas bekas, karton, kaleng bekas, dan lain-lain.

Sedangkan sampah B3 adalah sampah yang merupakan bahan-bahan berbahaya untuk kesehatan atau kelangsungan hidup manusia, makhluk lain, dan lingkungan hidup seperti baterai bekas, lampu bekas, dan sampah bekas masker.

2. Menerapkan 3R (reduce, reuse, recycle)

Menerapkan prinsip 3R adalah salah satu cara mengelola sampah dengan bijak. 3R merupakan singkatan dari reduce (mengurangi sampah), reuse (menggunakan ulang sampah), dan recycle (daur ulang sampah).

Anda dapat mengurangi penggunaan bahan yang sulit didaur ulang seperti plastik. Misalnya, mengganti wadah makan styrofoam dengan kotak bekal, atau membawa kantong belanja alih-alih plastik keresek.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan sampah organik seperti sisa makanan dan sayuran sebagai pupuk kompos.

3. Membersihkan tempat sampah setiap hari

Tempat sampah di dalam rumah sangat penting untuk dijaga kebersihannya. Karena itu, Anda perlu menjaganya dengan selalu membuang sampah setiap hari dan memastikan tempatnya bersih agar tidak menimbulkan aroma tidak sedap di dalam ruangan. (Bal)

Artikel Terkait

Terpopuler