Monday, February 26, 2024
HomeGaya HidupViral! Bayi Diberi Obat Anti Mabuk Supaya Tidur Nyenyak Saat Ortu Nonton...

Viral! Bayi Diberi Obat Anti Mabuk Supaya Tidur Nyenyak Saat Ortu Nonton Bioskop

Lenterainspiratif.com | Gaya Hidup – Belakangan viral ada orang tua yang memberikan obat anti mabuk kepada bayinya dengan alasan agar si anak bisa tidur nyenyak selama orang tuanya nonton bioskop.

Obat anti mabuk biasanya digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan. Tiap tabletnya mengandung dimenhydrinate untuk mengatasi mual, muntah, dan pusing akibat mabuk perjalanan.

Dokter spesialis anak konsultan alergi imunologi di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center (MMC) Jakarta, Molly Dumakuri Oktarina mengatakan obat anti mabuk dalam hal ini Antimo merupakan obat golongan antihistamin yang memiliki indikasi mengantuk pada orang yang meminumnya.

“Memang bisa menimbulkan efek atau indikasi mengantuk. Tapi tidak boleh memberikan obat hanya untuk mengambil efek kantuk saja, terutama untuk bayi usia dua bulan,” kata Molly dalam webinar yang diselenggarakan Rumah Sakit MMC, Selasa (25/7/2023)

Selain itu, anak usia dua bulan menurut Molly juga memerlukan kualitas tidur yang baik tanpa pemberian obat-obatan tertentu. Hal ini bisa memengaruhi tumbuh kembang dan kesehatan si bayi.

“Anak usia dua bulan bisa tidur nyenyak dengan aktivitas dan makan yang cukup. Jangan karena ibu dan ayahnya ingin nonton bioskop anak dipaksa minum Antimo yang belum cocok untuk usia mereka,” kata dia.

Beberapa efek obat anti mabuk pada anak yang bisa timbul antara lain:

1. Pertumbuhan otak bisa terganggu

Ilustrasi. Efek pemberian obat anti mabuk untuk bayi salah satunya bisa mengganggu perkembangan otak bayi.

Ukuran otak bayi, terutama yang masih di bawah satu tahun beratnya sekitar 25 persen dari otak orang dewasa. Seiring waktu, otak bayi akan terus berkembang bersamaan dengan perkembangan fungsi lainnya, misal fungsi dan kemampuan berbicara, melihat, hingga perkembangan motorik.

Agar perkembangan otak ini bisa maksimal dan optimal sangat disarankan bayi tidak terpapar zat-zat tertentu. Terutama paparan obat-obatan yang tidak dianjurkan diberikan di usia mereka. Salah satunya obat anti mabuk karena memiliki berbagai zat aktif yang bisa mengganggu perkembangan otak anak.

2. Mulut kering

Obat anti mabuk memang tergolong obat-obatan yang bisa dibeli tanpa resep dokter. Tapi obat ini tidak bisa diberikan sembarangan dan bebas, apalagi untuk anak.

Obat anti mabuk memiliki efek mengurangi produksi air liur agar orang yang mengonsumsinya tidak merasa mual. Jika obat ini diberikan dengan tujuan anak bisa tidur lebih lama dan cepat, justru berbahaya, karena tujuannya hanya mengambil efek mengantuk, bukan anti mabuk.

Produksi air liur yang berkurang bisa menyebabkan mulut anak kering. Akibatnya bahkan bisa membuat anak mengalami infeksi mulut.

Perlu diketahui bahwa air liur memiliki khasiat anti bakteri dan jamur pada mulut. Saat air liur berkurang maka jamur dan bakteri pada mulut anak bisa berkembang dengan pesat hingga menyebabkan infeksi. (Win)

Artikel Terkait

Terpopuler