Saturday, March 2, 2024
HomeGaya HidupHabis Nyate Daging Kurban Wajib Minum 4 Jus Penurun Kolesterol Ini

Habis Nyate Daging Kurban Wajib Minum 4 Jus Penurun Kolesterol Ini

Lenterainspiratif.com | Gaya Hidup – Momen Hari Raya Idul Adha bisa membuat kolesterol naik. Pasalnya orang akan mengonsumsi banyak daging kurban.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa minuman penurun kolesterol berikut yang bisa dicoba.

1. Jus tomat

Tomat banyak mengandung senyawa likopen yang dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Riset menunjukkan, ketimbang dikonsumsi begitu saja, tomat lebih baik dibuat jus sebab bisa meningkatkan kadar likopennya.

Kandungan likopen di dalamnya membuat tomat jadi salah satu jus penurun kolesterol. Selain likopen, kandungan serat tomat yang kaya juga mampu menurunkan kolesterol.

2. Jus alpukat

Riset menunjukkan, serat dari alpukat bisa meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Jus alpukat baik disisipkan dalam menu makan harian.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, menambahkan dua porsi alpukat per minggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Jus cranberry

Buah cranberry terbukti menyehatkan jantung. Kandungan polifenolnya mampu mengurangi peradangan, memperbaiki kadar kolesterol, dan kadar gula darah.

Mengutip Very Well Health, dalam sebuah riset, konsumsi 400 mililiter jus cranberry setiap hari selama 8 minggu mampu meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Smoothie beri

Jenis buah-buahan beri banyak mengandung antioksidan, terutama antosianin, yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Anda pun bisa menjadikan beri seperti stroberi, blueberry, blackberry dan raspberry sebagai camilan.

Anda bisa mengolahnya jadi jus atau smoothie. Untuk smoothie, cukup campur segenggam beri dengan susu rendah lemak atau yogurt dan air dingin.

Artikel Terkait

Terpopuler