Saturday, March 2, 2024
HomeGaya HidupSimak 4 Cara Mengatasi Nyeri Lutut Bagi Para Lansia

Simak 4 Cara Mengatasi Nyeri Lutut Bagi Para Lansia

Lenterainspiratif.com | Gaya Hidup – Nyeri lutut seringkali terasa mengganggu hingga memengaruhi kegiatan sehari-hari. Jika sudah parah, nyeri lutut tak jarang bisa membuat seseorang kesulitan berjalan.

Nyeri lutut bisa terjadi seiring bertambahnya usia. Pada lansia, sakit lutut biasa dikenal dengan istilah osteoarthritis.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara menghilangkan nyeri lutut berikut ini.

1. Rutin jalan kaki

Jalan kaki menjadi salah satu bentuk olahraga yang mudah dilakukan.

Selain itu, jalan kaki setiap hari bermanfaat untuk melatih kekuatan otot dan tulang, termasuk pada lutut. Setiap harinya Anda dianjurkan untuk berjalan sebanyak 6 ribu – 8 ribu langkah.

2. Berenang

Berenang bisa jadi solusi yang menyenangkan untuk meringankan nyeri sendi, terutama pada lutut. Pasalnya, daya apung di dalam air bisa mengurangi tekanan pada persendian.

Air juga bisa mendatangkan ketahanan alami yang bisa membantu menopang beban. Manfaat air satu ini juga sekaligus untuk meningkatkan kekuatan, kelenturan, dan keseimbangan dengan tekanan minimal pada tubuh.

3. Senam

Ilustrasi. Senam, salah satu cara menghilangkan nyeri lutut. (janeb13/Pixabay)
Senam juga cocok jadi pilihan untuk melatih kekuatan sendi dan otot.

Tak cuma itu, senam juga bisa digunakan untuk menangkal efek atrofi otot pada orang dewasa yang lebih tua serta meningkatkan kepadatan tulang.

4. Yoga

Cara menghilangkan nyeri lutut yang terakhir adalah dengan rutin melakukan yoga.

Yoga adalah latihan yang baik untuk meningkatkan kekuatan otot, mobilitas, keseimbangan, hingga fleksibilitas. Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika Anda rutin melakukan yoga.

Artikel Terkait

Terpopuler