Tuesday, February 27, 2024
HomeGaya HidupLima Penyebab Ngantuk Setelah Makan Siang, Jangan Disepelekan!

Lima Penyebab Ngantuk Setelah Makan Siang, Jangan Disepelekan!

Lenterainspiratif.com | Gaya Hidup – Merasakan kantuk setelah makan disebut postprandial somnolence atau ‘food coma’. Hal ini bisa dipengaruhi apa yang Anda makan, cara makan juga jam biologis tubuh.

Sebenarnya ini wajar. Namun hal tersebut akan sangat berbahaya ketika kita sedang berkendara dan dalam perjalanan jauh.

Berikut ini penyebab ngantuk setelah makan siang :

1. Pilihan menu makanan tinggi melatonin

Kandungan melatonin yang tinggi pada menu makan siang jadi penyebab rasa lelah dan kantuk. Melatonin merupakan hormon yang diproduksi otak ketika merespons lingkungan yang gelap.

Melatonin memicu tubuh untuk lebih rileks dan mengantuk. Hormon ini pun ditemukan pada sejumlah makanan. Melansir dari Very Well Health, makanan yang tinggi melatonin antara lain, jagung, cranberry, telur, ketimun, jamur, oatmeal, nasi, salmon, stroberi, dan kacang pistachio.

2. Lauk ayam, tahu, dan tempe

Nutrisi makan siang sebaiknya lengkap termasuk protein. Biasanya ayam, tempe serta tahu dipilih sebagai sumber protein. Hanya saja, menu-menu ini mengandung tinggi triptofan.

Triptofan adalah asam amino yang bisa membuat Anda agak mengantuk. Tubuh mengubah triptofan menjadi serotonin lalu melatonin.

3. Tubuh di titik fokus terendah

Riset menunjukkan tubuh berada di titik fokus terendah di pagi hari (jam 2-7 pagi) dan sore hari (jam 2-5 sore). Di pagi hari, sebagian orang tidur di fase pertama. Kemudian di fase kedua, bakal sangat berpengaruh pada orang yang bekerja shift.

“Bagi orang-orang yang bekerja di siang hari, kemerosotan kedua datang tepat di tengah rapat yang membosankan atau saat Anda mungkin sedang dalam perjalan pulang,” kata Lydia Kang, dokter penyakit dalam di Nebraska, saat menjawab pertanyaan pembaca The Washington Post.

4. Kenaikan kadar gula darah

Makan siang akan menaikkan kadar gula darah. Tubuh memerlukan gula untuk membentuk energi. Namun pada prosesnya, tubuh bisa kehilangan energi sehingga terasa lemas dan mengantuk.

“Setelah Anda makan, insulin adalah kunci yang membuka gula ke dalam aliran darah Anda. Setelah Anda makan, gula darah Anda naik. Insulin masuk ke aliran darah untuk mengeluarkan gula dari darah dan memasukkannya ke dalam sel untuk energi,” jelas Zumpano.

5. Menu serba lemak

Kadang orang mencari menu makan siang yang praktis tapi cenderung tinggi lemak. Makanan serba digoreng (deep fried) jelas tinggi kandungan lemak dan memicu rasa kantuk di usai makan siang.

Apalagi jika memesan junk food, maka asupan lemaknya kebanyakan lemak jenuh dan lemak trans. Kedua jenis lemak ini terbukti meningkatkan rasa lelah setelah bersantap.

Artikel Terkait

Terpopuler