Thursday, February 29, 2024
HomeTipsCara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Lenterainspiratif.com | Tips – Bau badan merupakan bau tidak sedap yang dikeluarkan tubuh yang disebabkan oleh keringat. Keringat adalah proses alami yang membantu tubuh mengatur suhunya.

Walaupun keringat tidak berbau, tetapi bakteri yang ada di kulit dapat menggunakannya sebagai tempat berkembang biak dan berkembang dengan cepat.

Tenang, ini dapat dikelola dengan beberapa pengobatan alami. Inilah cara menghilangkan bau badan secara alami dan mudah.

1. Minum air putih

Ini adalah cara paling gampang untuk mengurangi bau badan. Dilansir Practo, merupakan pelarut yang baik, air membantu menghilangkan racun dari tubuh dan membantu mengeluarkan bakteri dan patogen yang dapat menyebabkan bau badan. Selain itu, air juga merupakan penetral terbaik yang mencegah bakteri terbentuk di usus.

Keringat sebagian besar adalah air. Jadi, jika kamu kekurangan cairan, keringat bisa lebih terkonsentrasi dan baunya lebih kuat. Jika keringat kamu berbau sangat kuat, coba minumlah segelas air.

2. Mandi dua kali sehari

Dirangkum dari Healthline, kalau kamu rentan terhadap bau badan, cobalah untuk mandi lebih sering dan rutin, terutama bersihkan area sumber bau.

Selain itu, kalau kamu cenderung banyak berkeringat, sering-seringlah berganti pakaian. Baju dan pakaian lain yang menyentuh ketiak sebaiknya dicuci setelah dipakai kalau memiliki bau badan.

3. Mencukur bulu ketiak

Keringat ketiak memiliki hubungan langsung dengan bau badan karena itu adalah hasil bakteri yang memecah keringat. Nah, ada saran untuk mencukur rambut ketiak untuk
mengurangi bau.

Studi dalam Journal of Cosmetic Dermatology tahun 2016 yang melibatkan pria menemukan bahwa menghilangkan bulu ketiak dengan mencukur secara signifikan mengurangi bau ketiak selama 24 jam berikutnya.

Ditemukan bahwa menghilangkan bulu ketiak, baik dengan mencukur atau waxing, membuat sabun dan produk kebersihan lebih mudah masuk ke dalam kulit dan lubang folikel rambut.

4. Gunakan deodoran sebelum tidur

Antiperspiran bekerja dengan cara menghalangi saluran keringat sehingga keringat tidak dapat mencapai permukaan kulit. Keringat masih diproduksi oleh kelenjar, tetapi tidak dapat mencapai permukaan.

Deodoran tidak mencegah keringat, melainkan menutupi bau yang dihasilkan oleh bakteri saat berkeringat. Terkadang, antiperspiran mengandung deodoran. Sebagian besar antiperspiran yang tersedia di pasaran terbuat dari garam logam yang disebut aluminium klorida.

5. Menggunakan bedak talek

Dilansir The Times of India, bedak talek atau bedak tabur adalah salah satu hal yang dapat membantu menghilangkan bau badan. Selain itu, bedak talek membantu mengontol keringat, membuat kamu merasa segar. Bedak ini dapat mengasimilasi kelembapan dan menjaga kulit tetap kering sampai kamu berkeringat.

Menambahkan dari Smithsonian 175, sebelum abad ke-20, bedak adalah produk perawatan pribadi utama yang diiklankan untuk mengurangi bau kaki, ketiak, dan keringat tubuh secara umum. Bedak talek dijual sebagai penyegar tubuh dan deodoran secara umum, karena mampu menyerap keringat dan kelembapan dari kulit dan pakaian. (Suf)

Artikel Terkait

Terpopuler