Home Nasional Tilang Manual Berlaku Kembali, Polantas Nakal Bakal Diberi Sanksi Tegas

Tilang Manual Berlaku Kembali, Polantas Nakal Bakal Diberi Sanksi Tegas

0
17
Polantas nakal, Tilang manual
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.com | Nasional – Setelah sempat mengandalkan tilang elektronik, kini polisi lalu lintas (polantas) sudah diizinkan untuk melakukan penindakan tilang manual.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan, pihaknya memastikan akan memberikan sanksi tegas jika didapati ada polantas yang nakal saat melakukan tilang manual.

“Polri juga akan memberikan sanksi tegas berupa sanksi disiplin atau sanksi kode etik atau sanksi pidana kepada personel Polri yang melakukan penyimpangan di lapangan,” katanya Rabu (17/5/2023).

Lebih jauh Jenderal bintang dua ini mengatakan pihaknya akan melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap pelaksanaan tilang manual.

“Polri akan melakukan pengawasan dan pengendalian secara melekat dan berjenjang dalam melaksanakan giat operasional lalu lintas,” beber Sandi.

Diberitakan sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo sempat memerintahkan jajaranya untuk meniadakan tilang manual. Kapolri meminta jajaranya untuk fokus melakukan penindakan tilang secara elektronik.

Kamera E-TLEpun mulai diaplikasikan diseluruh Polda jajaran di Indonesia. Kamera E-TLE mobile bahkan ikut digunakan untuk merekam para pelanggar lalu lintas.

Belakangan kebijakan itu kembali berganti. Polri kembali menerapkan tilang manual di titik-titik yang tidak terdapat kamera E-TLE.

BACA JUGA :  Kenali Ciri Rokok Ilegal, Ini Penjelasan KPPBC Sidoarjo