Friday, March 1, 2024
HomeTekno6 Tips Travel Photography untuk Fotografer Pemula

6 Tips Travel Photography untuk Fotografer Pemula

 

Sumber foto: Pexels.com

Travel photography adalah bidang yang menarik untuk ditekuni. Anda bisa mendapatkan banyak foto menarik sebagai koleksi pribadi maupun diunggah sebagai konten di media sosial. Bidang ini juga bisa menjadi sumber penghasilan jika Anda pandai mengelolanya. Mari cari tahu seperti apa tips-tips fotografi traveling yang tepat khususnya bagi para fotografer pemula.

6 Tips Travel Photography untuk Pemula

Saat traveling, ada banyak sekali yang bisa Anda temukan. Tentunya ada banyak juga objek foto yang bisa Anda tangkap dengan sempurna. Berikut ini 6 tips yang bisa diterapkan jika Anda sedang mempelajari dan ingin menguasai bidang fotografi traveling:

1. Cari Komposisi Foto yang Menarik

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah cari komposisi foto paling menarik. Tidak semua objek menarik untuk dilihat dan ditangkap dalam satu foto. Anda perlu mengeksplorasi spot mana saja yang memiliki komposisi objek menarik dan estetik. Di sini Anda perlu berulang kali mengubah posisi lensa sehingga bisa menangkap komposisi objek yang paling bagus.

2. Pilih Sudut Pandang yang Tepat

Berikutnya Anda harus bisa memilih sudut pandang pengambilan foto yang tepat. Seorang travel photographer tidak boleh lelah mengeksplorasi sudut pandang pengambilan gambar. Bisa jadi sebuah objek foto memberikan kesan yang berbeda jika ditangkap dari sudut yang berbeda pula. Dalam hal ini Anda perlu banyak berlatih agar tahu mana sudut pengambilan terbaik.

3. Perhatikan Sumber Cahaya

Tentu saja Anda juga harus memperhatikan sumber cahaya dalam proses pengambilan gambar. Bahkan meskipun Anda melakukan pengambilan foto di lingkungan outdoor. Walaupun terang dan sumber cahaya datang dari berbagai arah, Anda tetap harus mencari posisi yang tepat. Tujuannya agar objek foto yang ditangkap bisa terlihat bagus sesuai konsep foto yang diinginkan.

4. Gunakan Kamera Terbaik

Pilihlah kamera terbaik Anda untuk mengambil foto. Ingat, kamera terbaik belum tentu kamera yang mahal. Bisa jadi Anda malah bisa mengambil foto bagus dengan kamera HP saja. Intinya, gunakan kamera terbaik yang mudah Anda kendalikan dan memiliki fitur pengaturan yang lengkap. Anda mungkin harus melakukan beberapa kali percobaan sampai bisa menemukan pengaturan fitur yang paling bagus.

5. Perhatikan Momen

Dalam mempelajari travel photography, Anda juga harus bisa merasakan momentum. Salah satu kunci penting dalam seni fotografi adalah momen. Apa yang Anda tangkap dalam foto bisa saja tidak terulang kembali. Selagi ada momen yang tepat, cobalah untuk menangkapnya. Ini akan membantu Anda mendapatkan hasil foto yang natural dan sangat indah.

6. Siapkan Peralatan Pendukung

Demi mendapatkan hasil foto terbaik, Anda harus berusaha mempersiapkan berbagai jenis perlengkapan fotografi pendukung. Mulai dari tripod, stabilizer, hingga flash. Setiap fotografer mungkin membutuhkan peralatan pendukung yang berbeda. Jadi pahami sendiri apa kebutuhan Anda dan pastikan semua peralatannya mendukung pengambilan gambar secara optimal.
Dari sekian banyak peralatan fotografi yang ada, flash menjadi salah satu jenis alat yang punya peran penting. Anda bisa memilih produk flash Zhiyun Molus G60 Combo dengan kualitas bagus dan spesifikasi memuaskan. Produk ini juga mudah dibawa-bawa saat traveling. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah lewat e-commerce Blibli.

Melalui Blibli, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis peralatan travel photography dengan harga terbaik. Ada banyak promo yang bisa Anda manfaatkan. Ditambah lagi belanja di Blibli itu sangat praktis, Anda hanya perlu membuka aplikasi smartphone dan langsung mendapatkan banyak pilihan produk sesuai kebutuhan.

 

Artikel Terkait

Terpopuler