Friday, March 1, 2024
HomeTipsCara Mengatasi Panas Dalam, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini!

Cara Mengatasi Panas Dalam, Konsumsi 7 Bahan Alami Ini!

Lenterainspiratif.com | Tips – Panas dalam adalah masalah kesehatan yang ditandai dengan sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah, hingga asam lambung.

Tetapi kalian tak perlu khawatir, karena untuk mengatasi panas dalam ini sangat praktis. Kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur rumah kalian.

Untuk mengetahui bahan apa saja yang bisa digunakan sebagai pembasmi panas dalam, simak ulasannya di bawah ini.

1. Jahe

Jahe memang dikenal sebagai rempah-rempah yang kaya akan zat antibakteri dan antiperadangan, oleh karena itulah kalian bisa mengkonsumsi air jahe sebagai obat untuk panas dalam.

Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak jahe yang dioleskan ke area tenggorokan penderita ISPA dapat membunuh beberapa bakteri penyebab penyakit.

2. Madu

Madu memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi dalam tenggorokan. Tidak hanya itu, ketika mengkonsumsi madu seseorang bisa merasakan efek nyaman pada tenggorokannya. Akan tetapi, efek ini akan berlaku ketika kalian menggunakan madu murni ya.

Sebuah literature tahun 2021 mengatakan bahwa madu efektif sebagai penghilang gejala infeksi saluran pernapasan atas akut. Ini karena madu memiliki kandungan antibiotic dan antihistamin diphenhydramine.

3. Air Garam

Berkumur dengan air garam banyak diketahui dapat meredakan rasa nyeri pada gigi, namun nyatanya air garam juga dapat membantu mengatasi panas dalam. Pasalnya, garam akan mengikat cairan yang terkumpul di tenggorokan kalian sehingga dapat membersihkan dahak yang menganggu. Selain itu, air garam juga membantu membasmi mikroba tak diharapkan di tenggorokan.

4. Lemon

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada lemon akan membantu kalian untuk meningkatkan produksi air liur. Sehingga ketika mengkonsumnyia akan memberi dampak pada mulut serta tenggorokan agar lebih terjaga kelembapannya. Tidak hanya itu, vitamin C juga akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga proses penyembuhan panas dalam akan lebih efektif.

5. Kayu Manis

Sama seperti jahe, kayu manis juga merupakan rempah-rempah yang mengandung senyawa antioksidan dan dapat meredakan peradangan ketika kalian mengalami panas dalam. Uniknya, masyarakat Tionghoa telah menggunakan kayu manis sebagai obat tenggorokan sejak dahulu kala.

6. Teh Chamomile

Chamomile merupakan jenis tumbuhan bunga aster yang biasanya dihidangan dalam bentuk teh. Bunga ini memiliki sifat antiinflamasi, aktioksidan, astringent yang akan membantu melawan infeksi penyebab panas dalam. Apabila diseduh dengan air hangat, juga akan membuat tenggorokan terasa lebih segar dan nyaman.

7. Cuka Apel

Sejak zaman dahulu, cuka apel telah dikenal sebagai obat herbal tradisional yang ampuh membasmi bakteri penyebab penyakit. Masyarakat Yunani Kuno juga sudah menggunakan bahan ini sebagai obat untuk mengatasi gejala flu, batuk, dan berbagai masalah tenggorokan lainnya.

Selain 7 bahan alami diatas, salah satu minuman yang penting dikonsumsi saat sedang mengalami panas dalam adalah air putih.

Artikel Terkait

Terpopuler