Monday, February 26, 2024
HomeTipsSimak Rek! Tips Sehat Agar Tidak Gampang Sakit di Musim Hujan

Simak Rek! Tips Sehat Agar Tidak Gampang Sakit di Musim Hujan

Lenterainspiratif.id | Tips – Di tengah musim penghujan saat ini, setiap orang harus meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati dalam beraktivitas. Musim hujan membuat tubuh rentan terkena penyakit, seperti flu, batuk, pilek, penyakit kulit, hingga demam berdarah. Bila sudah jatuh sakit, tentu saja akan banyak aktivitas yang bisa terganggu.

Situasi makin berbahaya bila penyakit yang dialami tergolong penyakit menular, sehingga bisa mengancam anggota keluarga yang di rumah maupun teman-teman. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar tubuh tidak rentan sakit.

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Asupan gizi sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Agar asupan gizi terpenuhi, kita harus mengonsumsi pola makan sehat yang terdiri dari karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, dan minuman. Selain itu, disarankan juga mengonsumsi probiotik seperti tahu, tempe dan yogurt agar terhindar dari infeksi seperti flu dan diare. Mengonsumsi probiotik membantu menjaga usus agar sistem pencernaan lancar.

2. Tidur yang Cukup

Tubuh perlu istirahat setelah beraktivitas seharian. Ambillah waktu istirahat dan tidur secukupnya. Hindari begadang karena dapat membuat tubuh lelah dan sulit berkonsentrasi. Terlalu sering begadang juga dapat terserang resiko penyakit. Orang dewasa dianjurkan untuk memiliki waktu tidur per harinya adalah 7 – 9 jam. Sementara anak – anak 9 – 11 jam.

3. Mengkonsumsi Vitamin dan Suplemen

Agar tubuh tetap sehat, penting untuk mengkonsumsi vitamin. Vitamin yang paling utama untuk menjaga daya tahan tubuh adalah Vitamin C. Vitamin C mampu mencegah datangnya penyakit seperti flu dan batuk. Kamu juga bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah-buahan, seperti jeruk, jambu biji, stroberi, dan sebagainya.

4. Memperbanyak Minum Air Putih

Walaupun memasuki musim hujan, tetap cukupi kebutuhan cairan dalam tubuhmu dengan mengonsumi air putih. Air putih memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan metabolisme, menjaga konsentrasi, menjaga kesehatan pencernaan, dan masih banyak lagi. Disarankan untuk kamu mengonsumsi air putih sebanyak delapan (8) gelas atau setara dengan 2 Liter setiap harinya.

5. Jaga Kebersihan Tubuh

Jaga kebersihan tubuh kamu dengan sering mencuci tangan dengan sabun. Dalam musim hujan kuman dan bakteri mudah berkembang karena lembab, dan tangan adalah salah satu media yang paling umum masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh. Selain itu, segera mandi dan keramas setelah bepergian dari luar agar kuman dan bakteri tidak menempel di tubuh kita.

6. Berolahraga

Meski musim hujan, kamu tetap harus berolahraga agar tubuh tetap bugar. Kamu bisa lakukan olahraga ringan di rumah selama 30 menit, seperti yoga, naik turun tangga, atau senam. Latihan fisik selama 30 menit juga bisa mengaktifkan sel darah putih dan dapat memperbaiki mood seseorang.

Artikel Terkait

Terpopuler