Jumat, Februari 3, 2023
BerandaTipsSudah Diet Tapi Masih Gendut? Bisa Jadi Karena Masalah Ini

Sudah Diet Tapi Masih Gendut? Bisa Jadi Karena Masalah Ini

Diet
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Tips – Banyak orang yang berusaha menurunkan badan mati-matian namun berat badan tak juga menurun. Untuk menurunkan berat badan, sebenarnya perlu memperhatikan energi yang keluar.

Energi yang keluar tersebut termasuk metabolisme. Sehingga Semakin tinggi metabolisme seseorang, maka semakin cepat pula penurunan berat badannya.

Namun, jika metabolisme melambat, melakukan diet dan olahraga pun juga tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan.

Adapun berikut ini beberapa tanda bahwa metabolisme seseorang lambat, di antaranya;

1. Lelah kronis

Meskipun sebenarnya sudah memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat, tapi jika metabolisme seseorang lambat, maka akan lebih mudah merasakan lelah.

2. Kulit kering dan rambut rontok

Kulit kering hingga rambut mudah rontok juga merupakan tanda bahwa metabolisme seseorang terhambat. Hal ini lantaran kesehatan kulit mendapat pengaruh dari sistem hormonal yang turut terganggu.

3. Terasa dingin

Seseorang dengan metabolisme tubuh yang lemah biasanya membuat suhu tubuh alami perubahan, biasanya mereka jadi lebih rentan merasa kedinginan di beberapa anggota badan.

4. Kulit konsentrasi dan sakit kepala

Pada dasarnya kinerja otak itu tergantung dari penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh. Maka ketika metabolisme melambat, pembakaran nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh akan terganggu, sehingga bisa membuat seseorang jadi sulit konsentrasi hingga merasakan sakit kepala.

5. Pperut kembung dan sering sembelit

Metabolisme tubuh yang melemah juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan pun menjadi lebih lama dan membuat seseorang merasakan perutnya kembung hingga sering sembelit.

Selain itu semua, metabolisme yang melemah juga kerap membuat seseorang memiliki suasana hati yang tidak menentu, mudah muncul jerawat pada kulit, hingga haid menjadi tidak teratur. Maka bagi mereka yang merasa berat badan tak kunjung turun dan memiliki gejala-gejala metabolisme melemah seperti itu, disarankan untuk meningkatkan metabolisme tubuh terlebih dahulu.

BACA JUGA :  Simak, Sejarah Lengkap Dibalik Lahirnya Hari Guru Nasional

Artikel Terkait

Terpopuler