Home Pendidikan Simak, Sejarah Lengkap Dibalik Lahirnya Hari Guru Nasional

Simak, Sejarah Lengkap Dibalik Lahirnya Hari Guru Nasional

0
14
Hari Guru nasional
Gambar ilustrasi
Hari Guru nasional
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.com | Sejarah – Pada 25 November setiap tahunnya, diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Berdasarkan sejarahnya, Hari Guru Nasional mulai ditetapkan pada 1994.

Pemerintah melalui Kemdikbud dalam situs resminya, menyebutkan Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden RI (Kepres) 78/1994. Dalam aturan tersebut diputuskan 25 November merupakan Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional bukanlah hari libur nasional. Akan tetapi, untuk memperingati hari tersebut, Kemdikbud menginstruksikan instansi pendidikan untuk mengadakan upacara bendera untuk menghormati guru-guru di Indonesia yang sudah dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Bukan hanya sebagai Hari Guru Nasional, 25 November juga diperingati sebagai HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Berdasarkan sejarahnya di Bisnis.com, PGRI terbentu pada 25 November 1945 dan digagas oleh Rh. Koesna, Djajeng Soegianto, Amin Singgih, Soetono, Soemidi Adisasmito, Ali Marsaban, dan Abdullah Noerbambang.

Sebelum menjadi persatuan para guru, perkumpulan ini bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Perkumpulan tersebut  didirikan pada tahun 1912 dan beranggotakan kepala sekolah, guru bantu, guru desa, sampai perangkat sekolah lainnya. Kemudian pada tahun 1932 nama PGHB dirubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Pada 2022, Hari Guru Nasional diperingati dengan tema Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar. Dengan tema tersebut, Hari Guru Nasional diharapkan menjadi momen terima kasih dan penghormatan kepada seluruh guru di Indonesia.

BACA JUGA :  Wali Murid Protes SMAN 1 Puri Karena Biaya Daftar Ulang Mahal