Home Tips Tanda-tanda Mental Lelah, Mudah Marah Hingga Pikiran Negatif Berlebihan

Tanda-tanda Mental Lelah, Mudah Marah Hingga Pikiran Negatif Berlebihan

0
16
Mental lelah
Gambar ilustrasi
Mental lelah
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.com | Tips – Berbeda dengan lelah secara fisik, lelah mental akan membuat otak kalian terkuras secara terus menerus, sehingga kelelahan yang dirasakan juga tidak akan pernah hilang meski sudah beristirahat dengan cukup.

Jangan disepelekan, kelelahan mental dan emosional bisa menyebabkan perubahan dalam hidup, bahkan juga bisa mengganggu keseharian kalian, entah dalam pekerjaan, sosialisasi dengan lingkungan, hubungan dengan keluarga atau pasangan.

Berikut ini adalah tanda-tanda yang dialami seseorang saat lelah secara mental.

1. Mudah marah

Suasana hati yang cepat berubah bisa menjadi pertanda mental kalian sedang letih dan tidak baik – baik saja. Biasanya perasaan cenderung buruk dan sensitif kepada lingkungan sekitar. Akibatnya, kalian akan mudah marah dan sulit mengendalikan emosi, bahkan tidak segan membentak orang lain. Dalam kondisi seperti ini, kalian akan sulit diajak bicara atau diberi nasehat.

2. Kehilangan motivasi

Tanda lainnya adalah ketika motivasi untuk melakukan sesuatu tiba – tiba saja menguap. Kalian tidak lagi bergairah meski itu berkaitan dengan sesuatu yang kalian sukai sebelumnya. Jika dibiarkan, ini akan berdampak pada aktivitas sehari – hari, hingga mendapat teguran di tempat kerja.

Tidak hanya itu, kalian juga bisa kehilangan motivasi atau merasa malas untuk merawat diri. Bahkan untuk sekadar mandi pun enggan. Kalian lebih banyak menghabiskan waktu tanpa melakukan apa – apa, hanya berdiam diri dan merenungkan sesuatu yang tidak jelas.

3. Insomnia

Fisik yang lunglai dan capek biasanya akan membuat seseorang lebih mudah tidur. Berbeda halnya dengan kelelahan mental karena siapapun yang mengalaminya justru akan kesulitan untuk tidur. Ada banyak hal yang kalian pikirkan bahkan ketika tubuh butuh beristirahat.

BACA JUGA :  Adem, Punya Branjangan Di Rumah Pinggir Sawah

4. Sulit konsentrasi

Ketika merasa lelah secara emosional dan mental, seseorang biasanya akan lebih mudah untuk terdistraksi pada hal – hal lain. Otak cenderung sulit untuk fokus apalagi berkonsentrasi lantaran sudah terkuras habis. Ini tentu saja akan mengganggu produktivitasnya atau pekerjaannya di kantor.

5. Rasa cemas dan pikiran negatif berlebihan

Perasaan yang buruk tentu akan mempengaruhi pola pikir seseorang yang kelelahan mental juga ikut memburuk. Kalian akan terus mencemaskan hal – hal yang seharusnya tidak perlu dikhawatirkan, ini dikarenakan pikiran yang selalu memandang negatif terhadap sesuatu. Kalian takut hal yang buruk akan terjadi, padahal itu semua hanya ada di bayangan kalian saja.

6. Fisik ikut merasa lelah berkepanjangan

Meski pikiran yang kelelahan, tapi juga akan berdampak pada fisik kalian. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kalian mungkin akan kehilangan motivasi untuk beraktivitas, dan berakhir dengan berlama – lama tidak melakukan apa – apa. Meski begitu, kalian akan terus merasa lelah, padahal tubuh tidak melakukan apapun.

Jika merasakan tanda seperti itu, artinya bukan raga kalian yang lelah, namun kesehatan mental yang perlu diperhatikan.