Home Tips Kenali Lima Hal yang Bisa Merusak Kesehatan Mental

Kenali Lima Hal yang Bisa Merusak Kesehatan Mental

0
11
Kesehatan mental
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.com | Tips – Kesehatan mental juga memiliki keterkaitan dengan kesehatan fisik. Di mana mental yang buruk, juga dapat melemahkan fisik yang kuat sekalipun.

Mental yang buruk bisa mengakibatkan seseorang alami depresi, bipolar, dan beragam jenis gangguan mental lainnya.

Adapun berikut ini lima hal yang dianggap dapat merusak mental, di antaranya;

1. Tidak perhatikan kesehatan

Karena fisik dan mental saling berkaitan maka tentu saja menjaga kesehatan perlu diperhatikan kesehatannya. Misalnya dengan tercukupi asupan minumnya, terlebih air putih. Selain itu, tidak lupa diimbangi dengan olahraga, istirahat yang cukup, dan juga menjaga pola tidur hingga pola makan yang baik. Jika semua itu diabaikan, tentu tak hanya berdampak pada kesehatan fisik saja, melainkan juga mental ikut terganggu.

2. Terlalu sering main sosial media

Bermain sosial media memang kerap membuat candu. Terlebih banyak hal-hal menarik yang bahkan selama ini tidak bisa dengan mudah kita jangkau. Namun, penggunaan sosial media yang terlalu sering justru akan membuat kesehatan mental seseorang terganggu. Terlebih bagi mereka yang tidak bisa memilahnya dengan baik.

3. Terlalu menggantungkan diri pada orang lain

Sebagai manusia tentu kita butuh kehadiran serta bantuan orang lain. Namun, tidak lantas membuat seseorang bisa begitu saja menggantungkan hidupnya pada orang lain. Karena ada kalanya seseorang harus percaya dengan kemampuan diri sendiri. Jika tidak, maka risiko merasa kecewa dan sakit hati akan sangat besar. Kesehatan mental pun akhirnya juga menjadi buruk.

4. Emosi yang tidak dikelola dengan baik

Mengekspresikan emosi memang perlu dilakukan, tetapi juga perlu diperhatikan agar tidak sampai berlebihan. Karena emosi yang tidak terkontrol justru dapat membuat mental seseorang terganggu. Itulah kenapa emosi harus dikelola dengan baik. Silahkan saja merasa sedih, marah, kecewa, dan bahagia, tetapi cukup sewajarnya saja dan tidak terlalu berlarut-larut.

BACA JUGA :  Simak, Sepuluh Keahlian Ini Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Tahun 2025

5. Peaple pleasing

Menjadi orang baik memang harus, tetapi tidak lantas membuatmu lupa untuk tetap berlaku baik terhadap diri sendiri. Intinya, berlakulah baik sesuai porsi. Karena ada saatnya kamu mengatakan maaf dan tidak perlu terlibat dalam permasalahan orang lain. Jika, hal itu tidak dilakukan, maka lambat laun kesehatan mentalmu pun akhirnya menjadi terganggu