Tempat Kecil Soekarno: di Mojokerto ataukah di Ndalem Pojok yang Dianggap Mistis

Soekarno tinggal di Mojokerto selama sekitar sembilan tahun. Di kota ini, ia tinggal di rumah berdinding bambu yang kini sudah menjadi area pertokoan. Ia juga bersekolah dan menjalani keseharian sebagai anak pribumi yang hidup sederhana. Di Mojokerto, Sukarno bersekolah di Tweede Inlandsche School atau Sekolah Ongko Loro untuk anak-anak bumiputra. Di sekolah ini, ayahnya, Raden Soekemi Sosrodihardjo menjadi mantri sekolah atau kepala sekolah.

Lulus dari Sekolah Ongko Loro, Soekarno melanjutkan ke Europesche Lagere School (ELS). Namun, usaha mendapat pendidikan Belanda ini sempat terhalang. Kemampuan bahasa Belanda nya dirasa kurang mencukupi sehingga ia baru bisa masuk kelas lima, di mana sesuai usia Soekarno harusnya sudah kelas enam. Akhirnya, agar tak dianggap tinggal kelas, data usia Soekarno dikurangi satu tahun. Ayahnya kemudian juga menyewa guru bahasa Belanda agar Soekarno cepat belajar, meskipun kondisi perekonomian mereka masih sulit.

Beberapa tempat di Mojokerto juga meninggalkan jejak keseharian Sukarno kecil. Seperti anak bumi putra pada umumnya, Soekarno suka bermain di lapangan berdebu dan menghabiskan waktu bermain air di sungai. Dalam otobiografinya, Soekarno bercerita bahwa ia suka main jangkrik dan gasing di lapangan ini. Selain itu, Soekarno juga jago main sumpitan, tembakan-tembakan dari bambu kecil dengan peluru kacang. Ia juga bermain sepak bola meski sering kalah dari anak-anak Belanda. Sementara sungai, menjadi tempat bermain favorit karena gratis sekaligus tempat mencari ikan untuk dijadikan lauk.

Dengan begitu banyaknya bukti yang tersedia serta terpampang nyata di depan mata pengetahuan terkait masa kecil Soekarno, maka bisa di pastikan bahwa masa kecil Soekarno adalah di Mojoketo.

Artikel ini ditulis oleh : Gayatri Mawar Wangi 

BACA JUGA :  Mojokerto Masuk Zona Oranye dan Kuning Covid-19, Ini Rincian Daerah Lain

(Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Politik, Universitas Islam Majapahit, Mojokerto) 

Features

Share this post

PinIt
    scroll to top