Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBudayaMengenal Ngabuburit Lebih Dalam

Mengenal Ngabuburit Lebih Dalam

Mengenal Ngabuburit Lebih Dalam
Ilustrasi

Lenterainspiratif.com | Yuk Cari Tau – Ngabuburit merupakan tradisi yang kerap dilakukan oleh mayoritas masyarakat Indonesia saat sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Aktivitas ngabuburit dilakukan untuk menghabiskan waktu sore sambil menunggu datangnya buka puasa.

Namun tidak banyak orang yang tau asal usul ngabuburit, lalu darimana sih asalnya ngabuburit ? Yuk cari tau.

Ketua Lembaga Budaya Sunda (LBS) Universitas Pasundan (Unpas) Hawe Setiawan mengatakan, ngabuburit berasal dari bahasa Sunda, dari kata dasar burit yang berarti sore atau petang.

“Istilah ngabuburit merujuk pada kata kerja, yaitu melakukan kegiatan untuk mengisi waktu seraya menyongsong tibanya sore hari,” katanya dalam keterangan tertulis Unpas, Selasa (5/4/2022).

Sedangkan dalam Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS) menyebutkan bahwa ngabuburit berasal dari kalimat ngalantung ngadagoan burit atau bersantai sambil menunggu waktu sore.

Itulah kenapa waktu sore hari selepas solat asar menjelas magrib saat bulan Ramadhan disebut Ngabuburit. Menurut Hawe, istilah Ngabuburit sendiri sudah ada sejak lama. “Seingat saya sudah lama (muncul istilah ngabuburit). Saya kira sejak nilai-nilai Islam masuk dalam wilayah budaya Sunda,” ujarnya.

Namun, kata Hawe, kegiatan ngabuburit makin berkembang dan beragam dibanding awal kemunculannya. Zaman dulu, anak-anak mengisi kegiatan ngabuburit dengan bermain permainan tradisional Jawa Barat seperti bebeledugan atau meriam bambu.

“Sekarang, kegiatan ngabuburit disesuaikan dengan kebudayaan daerah masing-masing, tentunya diarahkan pada kegiatan yang lebih kreatif dan berharga, bukan hanya untuk mengisi waktu, tapi juga menghayati Ramadan,” jelasnya. ( Tim / lenterainspiratif.id)

BACA JUGA :  Pengadaan Motor Dinas Oleh Pemkab Mojokerto Disetujui Dewan, Mahasiswa Sebut DPRD Plin Plan

Artikel Terkait

Terpopuler