Thursday, February 29, 2024
HomeNasionalRibuan Nakes Surabaya Mulai Divaksin Jenis Moderna

Ribuan Nakes Surabaya Mulai Divaksin Jenis Moderna

Ribuan Nakes Surabaya Mulai Divaksin Jenis Moderna
Ilustrasi

Lenterainspiratif.com | Surabaya – Setidaknya 9.194 orang nakes di Surabaya mendapatkan vaksin jenis Moderna dari total target 49 ribu orang nakes.

Diketahui, pelaksanaan vaksin Moderna kepada nakes telah dilakukan sejak dua minggu yang lalu. Suntikan dosis ketiga atau booster untuk nakes di Surabaya sudah mencapai 9.194 orang dari total target 49 ribu orang nakes.

“9.194 Dosis nakes yang sudah disuntik dari 49 ribu. Jadi 10%, sudah 2 minggu ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita, Kamis (19/8/2021).

Meski begitu, data dari Dinkes Surabaya, vaksin jenis Moderna yang tersedia baru sekitar 24 ribu dosis. Untuk proses vaksinasi Moderna ini juga dilakukan bertahap. Sebab, kejadikan ikutan pasca imunisasi (KIPI) cukup tinggi, seperti demam, batuk, pusing, nyeri dan ngilu.

“Baru 24 ribu vaksin yang ready. KIPI nya demam, batuk, pusing, nyeri, harus dikompres. Kemarin nyuntiknya bertahap. Kalau suntik booster itu nggak bisa serentak melihat KIPI yang ada. Jadi gantian supaya pelayanan ga terganggu,” jelasnya.

Fenny sapaan akrabnya mengatakan vaksinasi booster untuk nakes ini ditargetkan selesai pada akhir Agustus 2021. “Selesainya akhir Agustus. Diselesaikan nakes dulu atau gimana? Ya paralel. Target selesai akhir Agustus,” ujarnya. ( fi )

Artikel Terkait

Terpopuler