HOME // Gaya Hidup // Tips

Susah Tidur ? Coba Makan Ini Agar Terhindar Dari Insomnia


 Pada: Agustus 9, 2021

Susah tidur, insomnia

Banyak orang mengalami sulit tidur, kesulitan untuk tidur atau insomnia disebabkan oleh banyak hal, seperti cemas dan stres. Sejumlah orang bahkan lebih memilih mengkonsumsi obat agar dapat tidurnya nyenyak.

Namun sebenarnya ada banyak cara-cara alami untuk mengurangi atau mengatasi kesulitan tidurnya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat membuat tidurmu jadi nyenyak.

Berikut tips makanan yang bisa membuat tidurmu lebih lelap

1. Nasi

Nasi yang merupakan makanan pokok orang Indonesia menjadi andalan untuk mengatasi kesulitan tidur di malam hari. Hal ini karena kandungan karbohidrat di dalam nasi.

Sebuah studi dari Jepang menyebutkan bahwa orang yang sering makan nasi memiliki kualitas tidur lebih baik dibandingan mereka yang mengonsumsi roti. Namun, konsumsi karbohidrat ini harus dikombinasikan dengan makanan berprotein tinggi.

Sebagai contoh kamu bisa makan nasi putih dengan lauk ikan berprotein tinggi. Seperti telur, daging merah, dan ikan laut. Lengkapi juga dengan beragam olahan sayur.

2. Ikan

Ikan merupakan sumber protein, asam lemak omega-3, dan vitamin D yang baik untuk memperbaiki kualitas tidurnya. Beberapa jenis ikan yang tergolong sebagai makanan untuk membantu tidur lebih nyenyak adalah salmon, tuna, tongkol, dan tenggiri.

Jenis ikan berlemak tersebut diketahui dapat meningkatkan produksi serotonin dan melatonin dalam tubuh, sehingga dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

3.Kacang-kacangan

Kacang juga bisa kamu jadikan alternatif makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk memperbaiki kualitas tidurnya. Jenis kacang banyak ragamnya, mulai dari almond, kacang mede, hingga pistachio.

Kacang dapat membantu tidur lebih nyenyak karena di dalamnya mengandung melatonin, magnesium, dan zinc. Manfaat konsumsi kacang untuk tidur nyenyak ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang mengatakan kalau orang dewasa yang mengalami insomnia dapat nyenyak tidurnya setelah mengonsumsi kacang-kacangan.

BACA JUGA :  7 Zodiak Ini Terlihat Baik Tapi Nyatanya Bersifat Dingin

Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan secara langsung. Namun, kamu bisa juga mencampurkan kacang-kacangan ini dengan yogurt dan salad yang nikmat.

 

4. Susu

Susu salah satu minuman sehat yang banyak dikonsumsi setiap harinya. Selain menyehatkan untuk tulang, susu juga baik untuk mengobati insomnia.

Ini karena susu mengandung melatonin yang berguna dalam menyediakan hormon tidur. Ada juga kandungan vitamin B dan vitamin D yang bisa juga membuat tidurmu lebih nyenyak.

 

5. Kiwi

Kiwi adalah salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C, vitamin E, kalium, dan folat. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi 2 buah kiwi 1 jam sebelum tidur dapat membuat pasien insomnia tidurnya lebih nyenyak. (Diy)


Sudah dibaca : 12 Kali
 






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.

ARTIKEL LAINNYA

VIDEO