HOME // Gaya Hidup // Tips

Simak, Sepuluh Keahlian Ini Sangat Dibutuhkan di Dunia Kerja Tahun 2025


 Pada: Juli 29, 2021
Dunia kerja, keahlian, kerja, tips
Ilustrasi

Lenteramojokerto.com | Gaya Hidup – Saat ini dunia kerja mengalami perubahan yang pesat. Tentunya, perubahan perubahan tersebut berdampak terhadap kebutuhan keahlian tenaga kerja yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan tuntutan pasar

Dalam laporan future of jobs 2020 yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF), dalam lima tahun ke depan terdapat pembagian kerja antara manusia dan mesin yang akan mengganggu 85 juta pekerjaan secara global di bisnis menengah dan besar di 15 industri dan 26 ekonomi.

 

Tenaga kerja entri data, akuntansi, dan dukungan administratif lainnya mengalami penurunan permintaannya seiring dengan meningkatnya digitalisasi di tempat kerja. Pandemi virus corona semakin mendorong percepatan digitalisasi dalam dunia industr atau yang sering kita kenal Revolusi Industri 4.0.

 

“COVID-19 telah mempercepat datangnya pekerjaan masa depan,” kata Saadia Zahidi, Direktur Utama World Economic Forum, dalam laporannya yang dipublikasikan di laman resmi WEF pada 20 Oktober 2020.

Tentunya, kita tidak bisa hanya mengandalkan hard skill yang baik agar bisa bersaing, perlu dilengkapi pula dengan bekal soft skill. Berikut 10 keahlian yang dibutuhkan lima tahun mendatang menurut WEF seperti dirangkum laman Binus University

 

  1. Dapat berpikir analitis dan Inovatif

Tentunya sebuah perusahan memerlukan ide ide inovatif untuk mengembangkan usahanya. Karenanya, banyak perusahaan yang merekrut karyawan yang memiliki keahlian berpikir inovatif dan analitis.

 

  1. Belajar Aktif dan Belajar Strategis

Berpikir strategis pada dasarnya adalah cara berpikir untuk menyikapi persoalan dengan membuat rencana setelah melakukan analisis terlebih dahulu terhadap apa yang menjadi tantangan atau rintangan.

  1. Cakap terhadap penyelesaian masalah

Keahlian yang banyak dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah penyelesaian masalah. Di dalam dunia kerja tentunya banyak masalah yang perlu diselesaikan dengan waktu yang cepat. Pekerja diharapkan mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan cepat dan efisien

BACA JUGA :  Susah Tidur ? Coba Makan Ini Agar Terhindar Dari Insomnia

 

  1. Mampu berpikir krisis dan analisis

Berpikir kritis dan analitis sangat berguna saat Anda bekerja. Dengan kemampuan ini, Anda bisa melihat suatu masalah dari berbagai sisi. Kemampuan ini juga membuat keputusan yang diambil lebih bijak dan tepat.

 

  1. Kreatif, Orisinil dan inisiatif

Orisinil, kreatif, dam inisiatif, menjadi kemampuan yang banyak dicari perusahaan. Dengan karyawan yang mampu menerapkan skill ini, perusahaan bisa memunculkan banyak inovasi yang menarik

 

  1. Dapat memimpin dan Bersosialisasi

Tidak semua orang memiliki jiwa Leadership. Hal tersebut juga sama dengan bersosialisasi. Dengan dua kemampuan ini, Anda bisa mengembangkan tim dengan baik. Imbasnya, tim Anda bisa lebih solid dan maju.

 

  1. Beradaptasi dengan teknologi, monitoring juga control

Hard skill juga banyak dibutuhkan di dunia kerja, salah satunya berkaitan dengan teknologi. Dengan berkembangnya teknologi, manusia dituntut untuk bisa menggunakan, memonitor dan mengontrolnya.  Hal ini dibutuhkan agar teknologi tersebut bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

 

 

  1. Desain teknologi dan programing

Selain menggunakan, kemampuan mendesain teknologi juga penting. Teknologi dan program yang dibuat bisa menunjang perusahaan dan bisnis. Jika Anda menguasai hard skill ini, Anda akan dicari banyak perusahaan.

 

  1. Tangguh dan fleksibel.

Ketatnya persaingan di dunia kerja menuntut karyawan untuk tahan terhadap stres. Perusahaan akan memilih calon karyawan yang luwes, mampu bekerja cepat, dan tahan terhadap tekanan.

 

  1. Penalaran, penyelesain masalah, dan ide

Tiga skill ini menjadi skill selanjutnya yang banyak dibutuhkan di dunia kerja. Perusahaan akan sangat terbantu dengan karyawan yang mampu menyumbang ide baru. Ide tersebut tentunya bisa dipahami.

 

Karyawan yang mampu memecahkan masalah juga sangat penting dan banyak dicari perusahaan.

 

 

Berdasarkan laporan WEF tersebut, setidaknya 50 persen pegawai perlu menambah dan memperbaiki keterampilan mereka agar bertahan di dunia kerja.

BACA JUGA :  Tips Memilih Asuransi Kesehatan Covid-19


Sudah dibaca : 7 Kali
 






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.

ARTIKEL LAINNYA

VIDEO