HOME // Pariwisata

Lima Kuliner Khas Mojokerto Yang Wajib Dicoba


 Pada: Maret 16, 2021
Foto : Kuliner Sambel Wader Trowulan

LENTERAMOJOKERTO I Mojokerto – Jika anda sedang berkunjung ke Mojokerto, anda harus mencoba beberapa ragam kuliner khas Mojokerto. Kabupaten yang berjarak 55 KM dari Surabaya ini memiliki kuliner khas yang sangat memanjakan lidah anda dan tentunya ramah di kantong.

Bagi kebanyakan orang, nama Mojokerto identik dengan jajanan onde-onde. Tidak heran memang, karena onde-onde bisa anda temukan di mana saja di daerah Indonesia. Kudapan satu ini digemari banyak orang karena rasanya yang enak di lidah.

Tapi jangan salah tidak hanya onde-onde saja. Mojokerto juga terkenal dengan kuliner lainnya seperti Nasi Jagung, sambel wader hingga kerupuk. Beberapa nama kuliner terkenalnya, seperti sambal wader hingga kerupuk rambak mungkin sudah familier di telinga.

Berikut Lenteramojokerto.com merangkum tentang beberapa makanan khas Mojokerto.

Onde-Onde

Onde-onde merupakan makanan khas Mojokerto yang paling terkenal. Kudapan yang terbuat dari tepung ketan dengan isian kacang hijau atau kacang yang ditumbuk ini mungkin bisa kamu temukan di mana saja di daerah Indonesia.

Biasanya, onde-onde juga diberikan taburan wijen di permukaannya yang membuat rasanya semakin gurih dan lezat. Onde-onde yang masih hangat akan terasa sangat lumer di mulut dam bikin kamu ketagihan. Makanan khas Mojokerto ini sering kali dibawa sebagai oleh-oleh saat kamu berkunjung ke kota yang tidak jauh dari Surabaya ini.

Botok Tempe

Makanan khas Mojokerto selanjutnya adalah makanan berat yang tak kalah nikmat, yaitu botok tempe. Makanan ini merupakan salah satu makanan tradisional Mojokerto yang terbuat dari ampas kelapa yang diambil sarinya dan juga tempe.

Ampas kelapa dan tempe dipadukan dengan bumbu spesial dan dicampur bersama tahu, teri, serta udang. Botok tempe biasanya disajikan bersama nasi jagung yang menambah cita rasa unik serta lezat dari masakan ini.

BACA JUGA :  Jumlah Ikan Lokal Menurun, Gerakan Peduli Kali Brantas Tebar 10 Ribu Benih

Salah satu botok tempe yang paling terkenal di Mojokerto yakni Botok Mbah Parti yang biasa buka dari pukul 6 sore hingga pukul 11 malam. Satu porsi botok tempe dijual dengan harga yang cukup murah, yakni Rp 5 ribu per porsinya.

Sambel Wader Trowulan

Makanan khas Mojokerto selanjutnya merupakan sambal, yaitu sambel wader. Sambal khas Mojokerto tidak boleh kamu lewatkan saaat berkunjung, terutama bagi pencinta makanan pedas. Bahan utama pembuatannya adalah ikan wader yang banyak dibudidayakan masyarakat lokal.

Pembuatannya tidak begitu sulit, ikan wader yang telah dicuci bersih dicampur dengan bahan-bahan sambal, lalu digoreng sampai matang. Menikmati sambal wader dengan sepiring nasi dan lauk bikin kamu ingin nambah terus.

Kerupuk Rambak Mojokerto

Makanan khas Mojokerto selanjutnya berupa kerupuk, yaitu Kerupuk Rambak. Kerupuk ini bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ataupun dimakan di jalan. Bahan baku pembuatannya adalah dari kulit sapi yang telah mengalami proses pengeringan terlebih dahulu.

Namun, sekarang ini kerupuk rambak juga dibuat dari berbagai bahan lainnya, seperti udang, ikan, hingga ketela pohon.

Nasi Jagung Sendi Pacet

Jika anda ke Mojokerto wajib mampir ke kuliner nasi jagung yang berada di Desa Sendi Kecamatan Pacet. Lokasinya yang berada di atas gunung, membuat nasi jagung Sendi diburu penikmat kuliner.

Kuliner ini berupa nasi putih yang dicampur dengan jagung yang sudah digiling. Untuk menambah nikmat, biasanya dipadu dengan sambel tomat, ikan asin, tahu dan tempe goreng. Tak lupa selada air yang segar menambah rasa.

Itu tadi beberapa kuliner khas Mojokerto yang wajib anda coba jika berkunjung atau sedang berwisata di Mojokerto. Selamat mencoba. (tim)

BACA JUGA :  Bersama BBWS, Pemkot Mojokerto Wujudkan Pembangunan Prestisius Wisata Bahari Majapahit


Sudah dibaca : 8 Kali
 






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.

ARTIKEL LAINNYA

VIDEO