HOME // Hobby // Jawa Timur

Unik, Posyandu Untuk Kucing Digelar Disnakeswan


 Pada: Maret 12, 2021
Unik, Posyandu Untuk Kucing Digelar Disnakeswan
Posyandu hewan

Lenterainspiratif.id | Lamongan – Posyandu biasanya diadakan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Namun ada yang unik dari posyandu di Lamongan, karena posyandu digelar oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) dan diperuntukkan bagi para kucing.

Posyandu itu digelar oleh Disnakeswan di Perumahan Demangan Residence Lamongan. Nampak beberapa warga mendatangi posyandu tersebut dengan membawa kucing peliharaan mereka. Sebelumnya mendapatkan pemeriksaan, pemilik kucing wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu.

“Di Lamongan mulai banyak yang menyukai kucing atau pencinta kucing. Sehingga kami menginisiasi Posyandu Kucing ini agar masyarakat juga bisa paham bahaya penyakit dan penularan pada kucing,” kata Kepala Disnakeswan Lamongan Sukriyah kepada wartawan di sela-sela kegiatan Posyandu Kucing, Jumat (5/3/2021).

Kemudian setelah mendaftar, pemilik kucing beserta kucing peliharaan mereka dipersilahkan untuk antri di tempat duduk yang sudah disediakan. Saat sudah mendapat giliran periksa, kucing akan ditimbang terlebih dahulu.

“Kucing-kucing ini ditimbang terlebih dahulu dengan timbangan digital. Setelah itu, petugas memeriksa kesehatan kucing,” terangnya.

Setelah itu kucing-kucing tersebut, kucing yang dinyatakan sehat akan diberi vitadan vaksin. Sukriyah melanjutkan, dalam posyandu kucing yang dibuka gratis ini kurang lebih ada 40 ekor kucing yang diperiksa.

“Pelayanan pemeriksaan dan pemberian vitamin kami berikan gratis dan akan kami gelar rutin agar kucing tidak menulari penyakit kepada pemeliharanya atau zoonosis,” imbuhnya.

“Di Posyandu Kucing ini kami juga memberikan pemahaman terkait penyakit kucing dan penularan serta pencegahannya,” lanjutnya.

Sukriyah menambahkan, melihat antusiasme pencinta kucing di Lamongan dan makin banyaknya pencinta dan komunitas pencinta kucing di Kota Soto, pihaknya juga berencana me-launching klinik khusus hewan peliharaan di kantor Disnakeswan Lamongan. Sukriyah menyebut, untuk mencegah dan mengantisipasi adanya penularan penyakit kucing terhadap sesama dan pemeliharanya diperlukan pemeriksaan, pemberian vitamin dan penanganan parasit-parasit secara rutin.

BACA JUGA :  Ditinggal Belanja Uang Rp 24,9 Juta Melayang Digondol Maling

“Jadi Posyandu Kucing ini akan kami gelar setiap bulan secara rutin dan gratis buat para pencinta kucing. Insyaallah selanjutnya nanti akan digelar pada 19 Maret di Kantor Disnakeswan,” terang Sukriyah, Jumat (12/3/2021). ( man )


Sudah dibaca : 6 Kali
 






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.

ARTIKEL LAINNYA

VIDEO