HOME // Budaya // Hobby

Cara Agar Anak Ayam Bangkok Bertulang Kokoh Berpotensi Jadi Juara


 Pada: Januari 25, 2021

Cara Agar Anak Ayam Bangkok Bertulang Kokoh Berpotensi Jadi Juara

lenterainspiratif.id | Bagi para peternak ayam aduan sangat penting bagaimana cara agar anak ayam bangkok bertulang kokoh dan kuat sehingga menjadi ayam aduan yang berpotensi menjadi ayam juara. terutama bentuk struktur tulangnya bagus.

Agar anakan ayam bangkok agar cepat besar, dan tumbuh menjadai ayam aduan yang berpotensi jadi juara adalah Sebaiknya kita lakukan semenjak anakan ayam aduan tersebut baru menetas. Anak anak ayam yang baru menetas setelah 3 hari sebaiknya kita pisahkan dari babonnya.

Anakan yang kita pisahkan dari indukanya bertujuan agar kita bisa mengoktimalkan perawatannya, anak ayam yang tidak kita pisah sulit untuk mengoktimalkan perawatannya.

Sebelumnya kita harus menyiapkan kandang box yang di kasih lampu sesuai dengan kebutuhanya dan wattnya jangan terlalu besar agar anakan ayam bangkok tidak kepanasan, ini bertujuan agar dimalam hari anak ayam tetap terjaga kehangatannya, kita juga bisa menggunakan kardus (sesuaikan ukurannya) apabila kita tidak mempunyai kandang yang ada lampunya.

Kita harus mempunyai kandang box yang ada lampunya karna kita bisa memberikan pakan di malam hari, memberikan pakan di malam hari akan mempercepat pertumbuhan anak anak ayam. Untuk pakan anak ayam 0 sampai 3 bulan kita bisa berikan voor 592, berikan juga tambahan vitamin yang bisa di campurkan dengan minumnya, pemberian vitamin yang di campurkan di minumnya cukup di berikan 2 kali dalam seminggu.Untuk anak anak ayam yang berumur 3 sampai 6 bulan kita bisa merubah pakan voor 592 dengan voor 594.

Di umur anak ayam 3 bulan keatas, berikan juga Kalk (calcium), kalk baik untuk merangsang pertumbuhan tulang tulang ayam, pemberian kalk cukup di berikan 3 hari sekali, kalk bisa di dapatkan di toko toko apotik. Bagi teman teman yang mempunyai modal (uang) yang banyak, teman bisa menggunakan voor babi, voor babi lebih tinggi kanduan proteinnya.

BACA JUGA :  Ciri Ayam Bangkok Pembunuh Dengan Pukulan Mematikan

Susu bubuk sangat bagus juga untuk mempercepat pertumbuhan anak ayam, teman teman pasti berpikir susuk bubuk pasti sangat mahal harganya, kita bisa menggunakan susu bubuk yang sudah kadaluarsa, susu bubuk yang sudah kadaluarsa lebih murah koq, susu bubuk yang telah kadaluarsa, kalau untuk ayam tetap bagus, susu bubuk bisa kita dapatkan di pabrik pabrik pembuatan susu.

Pemberian pakan susu bubuk tidak perlu lagi memberikan kalk, di kandung susu bubuk sudah tinggi kandungan protein dan ada kandungan kalknya juga, perberian pakan susu bubuk sangat super cepat pertumbuhan untuk anak ayam bangkok.

Bagi kita yang keterbatasan modal, cara merawat ayam bangkok agar cepat besar juga bisa kita memaxsimalkan pertumbuhan anak ayam dengan cara mencampukan voor + dedak halus + ampas tahu + dedak ikan teri, cara membuatnya dedak + ampas tahu + dedak teri di aduk rata, kemudian tambahkan air panas, dan di aduk kembali, setelah di aduk rata tunggu sampai adonan agak dingin, setelah pakan agak dingin tambahkan lagi voor, aduk sampai rata kembali, pakan siap untuk di sajikan. Gunakan Perbandingan takaran pakan 1:1:1:1.

Perawatan anak ayam aduan jenis bangkok dari dini sampai 6 bulan adalah masa masa pertumbuhan anak ayam, di masa ini kita harus mengoktimalkan perawatan, pakan yang berkualitas yang terjaga kebersihanya, berperan sangat penting untuk mengoktimalkan pertumbuhan anak anak ayam kesayang kita, anak ayam sebaiknya terkena sinar matahari di pagi hari dan umbarlah anak ayam 1 kali seminggu, ini bertujuan agar anak ayam memgerakan otot otonya dengan bebas, karna selama di kandang anak anak ayam tidak bisa bergerak bebas. ( tim)


Sudah dibaca : 11 Kali
 






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.

ARTIKEL LAINNYA

VIDEO