HOME // Budaya // Hobby // Tips

Cara Meningkatkan Pukulan Dan kualitas Tempur Ayam Bangkok


 Pada: November 6, 2020
Ciri Ayam Bangkok Pembunuh Dengan Pukulan Mematikan
Foto : ilustrasi

Lenterainspiratif.com | Ayam Aduan Juara – Bagi para penghobi ayam aduan Memiliki ayam aduan berkelas adalah sebuah impian, Namun untuk memiliki ayam juara tidak semudah membalikan telapak tangan.

Perlu adanya perawatan dan latihan khusus. Pada dasarnya perawatan ayam laga tidak jauh berbeda, perawatan yang rutin adalah kunci keberhasilan semua peternak.

Perawatan harian merupakan bagian paling vital dalam guna meningkatkan kualitas tempur ayam bangkok aduan. Dengan demikian sebagai seorang botoh jangan sampai kita meremehkan peran perawatan rutin ini.

Tentu setiap pecinta ayam aduan mempunyai cara tersendiri dalam hal perawatan harian ayam aduan. Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana cara perawatan rutin ayam aduan yang paling umum dilakukan oleh parah botoh.

Berikut Perawatan Rutin Ayam Aduan Supaya Jadi Jago Juara

Perawatan ayam sejak dini
Cara terbaik untuk merawat ayam aduan yaitu perawatan sejak dini, yakni ketika ayam baru menetas hingga ayam dewasa. Merawat ayam sejak kecil mempunyai nilai kepuasan tersendiri, jadi kita bisa mengamati pertumbuhan dan perkembangan ayam aduan kesayangan kita.

Selain itu perawatan ayam sejak dini bisa mengurangi resiko kegagalan pembentukan bibit petarung juara. Apalagi jika ayam yang kita pelihara berasal dari keturunan ayam juara, pasti akan sangat menyenangkan sekali.

Merawat ayam muda
Ayam aduan muda ialah ayam yang berusia nol (sejak menetas) hingga menginjak usia 7 bulan. Perawatan ayam muda harus dilakukan sebaik mungkin karena pada tahap ini merupakan fase pertumbuhan dan perkembangan ayam.

Kesalahan merawat ayam muda bisa berakibat buruk bagi ayam, seperti pertumbuhan ayam akan terganggu, mudah sakit, tidak mencapai ukuran ideal dan masalah lainnya. Perhatikan jenis pakan yang diberikan memiliki nutrisi yang memang cocok bagi ayam muda, seperti pur, nasi dan jagung giling.

BACA JUGA :  Jelang Piala Dunia U20, Noah Gesser Calon Striker Naturalisasi Top Skor Liga Belanda

Kemudian jangan sampai lupa untuk melakukan vaksin dan pemberian vitamin pada ayam yang masih muda agar terhindar dari penyakit. Lalu bagian yang paling penting ialah anak ayam jangan sampai bertarung karena bisa menghambat pertumbuhan.

Memandikan dan menjemur ayam
Memandikan dan menjemur ayam adalah perawatan harian yang perlu dilakukan ketika ayam sudah dewasa. Masa ini biasanya saat ayam berusia 7 bulan ke atas, jadi ini adalah tahap peningkatan kualitas ayam aduan. Jadi jangan heran, hampir semua pecinta ayam aduan menerapkan hal ini.

Memandikan ayam berguna untuk pembentukan otot ayam muda. Selain itu dengan rutin dimandikan ayam akan jauh lebih sehat. Kemudian penjemuran ayam bermanfaat bagi pembentukan stamina ayam bangkok aduan supaya bisa berlaga dalam kurun waktu lama
Kemudian waktu yang tepat untuk memandikan ayam ialah pada pukul 7-9 pagi. Setelah dimandikan ayam bisa dijemur di bawah matahari pagi sekitar satu atau dua jam. Bila proses perawatan ini dilakukan dengan rutin maka hasilnya akan terlihat setelah satu bulan perawatan.

Berikan racikan jamu
Jamu ayam aduan sering dianggap sebagai doping peningkat kualitas ayam aduan dan mungkin dianggap sebagai kebiasaan yang aneh. Akan tetapi kenyataannya pengetahuan pemberian jamu untuk ayam aduan sudah dilakukan sejak zaman dahulu.

Khasiat jamu bagi ayam aduan diantaranya ialah dapat menyehatkan ayam, menguatkan stamina, menjadikan ayam lebih agresif dan masih banyak lagi manfaat pemberian jamu. Ada berbagai resep jamu ayam bangkok yang bisa anda buat, berikut adalah cara paling mudah meracik jamu ayam laga.

Bahan

Gula merah
Madu
Telur bebek
Kunyit
Cara membuat jamu

Pertama tumbuk kunyit hingga halus
Kemudian tumbuk gula merah
Pisahkan kuning telur bebek dan campurkan dengan setengah sendok teh madu lalu aduk
Selanjutnya tambahkan kunyit dan gula merah.

BACA JUGA :  Ayam Aduan Phama Mahwing Jadi Yang Termahal Setelah Menang Tiga kali

Cara pemberian
Berikan jamu pada ayam aduan dewasa dengan cara di minumkan, kemudian perhatikan dosis yang sesuai bagi ayam. Biasanya 1 butir telur bisa diberikan untuk dua ekor ayam jago dewasa. Pemberian jamu bisa dilakukan satu atau dua minggu sekali.

Latihan tanding
Latihan tanding atau yang sering kita sebut dengan latihan abar ialah cara paling jitu untuk membentuk otot, stamina dan mental ayam aduan. Latihan tanding bisa dilakukan setelah ayam siap dan dalam keadaan sehat. Kemudian dapat menambah pengalaman bertarung ayam supaya terbiasa ketika diadu di arena.

Akan tetapi ketika latihan tanding ini anda sebaiknya hati-hati supaya ayam kesayangan kita tidak cedera. Sebaiknya gunakan pengaman seperti pembungkus jalu agar tidak terkena mata. Kemudian pastikan untuk memilih lawan yang seimbang.

Seimbang yang dimaksudkan ialah dimana usia ayam yang diadu tidak memiliki selisih jauh, ukuran tubuh tidak berbeda dan sebagainya. Jadi perlu adanya unsur kehati-hatian agar anda tidak mengalami kerugian.

Sumber : (https://nandatrio.com )


Sudah dibaca : 3 Kali
 






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.

ARTIKEL LAINNYA

VIDEO