Kini kami hadir di Google play store, klik, unduh dan instal

HOME // Daerah // Jawa Timur

   Pada: Rabu, 26 Agustus 2020

Lurah Tarau Di Nilai Merangkap Jabatan, Memindahkan Salah Seorang Guru

Lurah Tarau Di Nilai Merangkap Jabatan, Memindahkan Salah Seorang Guru
Foto : Istimewa

Lenterainspiratif.com | Ternate – Lurah Tarau Rizal Tomagola di nilai merangkap jabatan dalam mengambil kebijakan memindahkan salah seorang Guru SD Negeri 54 Tarau, tanpa alasan mendasar.

Pasalnya, kebijakan lurah tersebut di nilai, dapat melemahkan citra profesi guru dalam dunia pendidikan.

Di ketahui, kejadian ini berawal dari permasalahan keluarga yakni Masalah Pribadi. Hanya saja sebagian tokoh masyarakat Tarau mengklaim profesi guru itu dengan sebutan tidak ada moral.

Sesuai keterangan masalahnya, kejadian bermula saat Lurah Tarau menghubungi guru tersebut melalui telpon seluler dan menyampaikan bahwa, “Masyarakat Tarau meminta ibu guru pindah sekolah dan jangan lagi mengajar di SDN 54 Tarau,”.

Dari ucapan lurah itulah, membuat salah seorang guru yang dulunya bernaung di SDN 54 tarau yakni Eka Wijayanti, hingga saat ini berpindah di SD Negeri 60 Sulamadaha itu, merasa sangat resah dan menerima begitu saja.

“Saya selaku guru yang mengajarkan anak-anak mereka, tetapi mereka menyuruh saya pindah ke sekolah lain. Saya pun siap ditempatkan dimana saja, akhirnya saya di pindahkan di SDN 60 Sulamadaha,” ucap Eka Wijayanti, saat di temui awak media dirumahnya, Selasa (25/08).

Menurut Eka, proses masalah ini tidak ada kaitannya dengan profesi dirinya sebagai guru. Sebab kata dia, dapat memahami tentang kode etik guru.

“Kode etik guru yaitu, guru memelihara hubungan dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang luas untuk kepentingan pendidikan,” ucapnya.

Sambungnya, hal ini diantaranya : (a). Guru memperluas pengetahuan masyarakat mengenai profesi keguruan, (b). Guru turut menyebarkan program-program pendidikan dan kebudayaan kepada masyarakat sekitarnya, sehingga sekolah tersebut turut berfungsi sebagai pusat pembinaan dan pengembangan pendidikan dan kebudayaan ditempat itu, (c). Guru harus berperan agar dirinya dan sekolahnya dapat berfungsi sebagai unsur pembaru bagi kehidupan dan kemajuan daerahnya.

Laman: 12

<< Kembali | Selanjutnya >>








Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI