Kini kami hadir di Google play store, klik, unduh dan instal

HOME // Budaya // Daerah // Jawa Timur

   Pada: Minggu, 23 Agustus 2020

Tradisi Keboan di Banyuwangi Banyak Warga Kesurupan

Puncak acara ritual keboan ini ketika melakukan ider bumi atau keliling desa. Para warga yang kerasukan roh Keboan tersebut berkumpul diperempatan desa dan bertingkah layaknya kerbau yang sedang melakukan aktivitas bertani, seperti bercocok tanam, membajak sawah, menaburkan benih hingga mengairi sawah. Warga yang kerabatnya mengalami kerasukan, mengawal hingga usai acara.

“Apa yang dilakukan oleh keboan itu sebagai gambaran para petani bercocok tanam, mulai membajak sawah, menaburkan bibit padi, hingga mengairi sawah,” paparnya.

Anton juga menuturkan bahwa seminggu sebelum acara para warga Aliyan juga mengalami kerasukan roh leluhur, roh leluhur itu meminta acara ritual Keboan tetap digelar meski sederhana.

Perlu kita ketahui bahwa ritual keboan ini juga sebagai tolak bapak agar seluruh warga Desa Aliyan terhindar dari hal-hal yang bersifat negatif, dan dijauhkan dari segala musibah dan penyakit.

“Acara ini ditutup dengan pengajian dan istigasah pada tanggal 10 Muharam nanti. Kami juga berdoa agar wabah pandemi ini segera usai,” pungkas Anton.

Sementara itu Rochman, warga setempat mengaku meski digelar secara sederhana, namun kegiatan ritual Keboan berlangsung aman. Warga tidak berani tidak menggelar acara ini.

“Kami hanya ingin mematuhi aturan adat kami. Meski dilakukan sederhana yang penting bisa dilakukan tahun ini,” pungkasnya. (suf)

Laman: 12

<< Kembali | Selanjutnya >>








Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI