HOME // Budaya // Hobby // Jawa Timur // Video

Rjs BF Penangkar Murai Batu Spesialis Klewer


 Pada: Juli 28, 2020

 

Lenterainspiratif.com | Mojokerto -Inovasi penangkar Murai Batu Rjs BF, Mojokerto terbilang istimewa. Fandi Rohas, sang pemilik usaha penangkaran berusaha menyilangkan indukan klewer prestasi dengan betina trah unggul untuk menghasilkan anakan klewer prospek gantangan.

Alhasil, usaha yang dirintis sejak Nopember 2018 ini banyak menelurkan anakan-anakan prestasi. Untuk mendapatkan anakan dari peternakan MB di Dusun Ngogri, Desa Kedungsari, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten ini, pembeli harus sedikit sabar. Pasalnya, untuk mendapatkan anakan dari Rjs harus inden terlebih dahulu.

Saat ini, Rjs telah memiliki kurang lebih 30 pasang indukan trah prestasi. Dari 30 pasang indukan tersebut 70 persen adalah Murai Batu trah klewer.

Meski demikian Rjs tak menafikan keberadaan MB ekor pendek – sedang. Manajer Rjs BF, Om Unyil mengatakan pihaknya tetap berusaha mencetak MB ekor pendek hingga sedang.

Sebab, lanjutnya, MB ekor pendek mempunyai daya fighter yang relatif cukup kuat dibandingkan dengan ekor panjang. Om Unyil mengungkapkan, dari 30 pasang indukan yang ada, 30 persen diantaranya adalah indukan ekor pendek dan sedang. “Prioritas kita adalah trah klewer, lokal. Kita berusaha mencetak anakan klewer prestasi,” terang Om Unyil, Selasa (28/7) kemarin.
Menurut pemain MB kawakan tersebut, permainan MB klewer nampak lebih indah dibandingkan dengan ekor pendek. “MB ekor panjang sangat cantik kalau mengibas-ibaskan ekornya kala tarung. Itu yang membuat kita fokus ke trah klewer,” imbuhnya sembari.

MB klewer koleksi Rjs BF sudah banyak yang mempunyai nama besar di dunia permanukan. Diantaranya adalah Noah, Kingdom, Arsya, Semeru, Cakra, Rawon, Royal, Armada dan MB Ruang. Ekor MB tersebut ada pada kisaran 23-24 cm.
Diantaranya, juga adalah klewer trah prestasi. Seperti Sunrise jr dan Semeru Jr.
Rjs juga mempunyai maskot MB panjang impor. Yakni MB Tragedi yang mempunyai ekor 27 cm.

BACA JUGA :  Armada Gunner Dipakai Walikota Mojokerto Untuk Penyemprotan disinfektan

Sementara indukan betina berasal dari penangkaran MB yang telah mempunyai nama besar. Seperti Ring Arco, Jupiter jr, Hitler Jr, Raja jr dari penangkaran MB Dua Putri, Malang. Dari Mojokerto, ada nama Rawon Jr. Juga, Rhapsody jr dari penangkaran MB Metropolis Jombang, milik H Fanani.

Om Unyil mengungkapkan hingga kini pihaknya telah menghasilkan 310 anakan. Anakan-anakan tersebut telah memenuhi permintaan kicau mania dari Jawa dan Luar Jawa.
“Alhamdulillah laris Mas, ” pungkasnya. (yd)


Sudah dibaca : 24 Kali
 






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.

ARTIKEL LAINNYA

VIDEO