HOME // Hobby // Olahraga

4 Roadmap Shin Tae-yong Untuk Timnas Indonesia


 Pada: Juli 6, 2020

Lenterainspiratif.com-Olahraga. Shin Tae-yong mengungkapkan keuntungan andai rencananya membawa timnas U-19 Indonesia berlatih di Korea Selatan (Korsel) terwujud. Shin Tae-yong sejatinya memiliki keinginan kuat untuk membawa timnas U-19 mendapatkan tempaan di Korea Selatan seabgai persiapan menghadapi Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20. Keinginan Shin Tae-yong tersebut juga tetap dimasukkan dalam roadmap yang telah diberikan kepada PSSI. Pelatih kepala timnas Indonesia itu mempunyai alasan agar Bagus Kahfi dkk mendapatkan pengalaman sepak bola di Korsel.
Salah satu poin utama yang disampaikan oleh Shin Tae-yong adalah level Piala Dunia jauh berbeda dengan kompetisi di tingkat Asia. Oleh sebab itu, menurut Shin Tae-yong, para pemain timnas U-19 Indonesia perlu menjalani persiapan yang matang sebelum terjun ke Piala Dunia U-20 2021. Shin Tae-yong menilai, berlatih di Korea Selatan memberi keuntungan bagi timnas U-19 karena bisa mendapatkan lawan yang punya kualitas di atas mereka. Mencari lawan yang lebih kuat bagi Sutan Zico Cs di Indonesia tentu cukup sulit karena situasi Covid-19 yang masih parah.
Jika rencana tersebut dapat dilaksanakan, Shin Tae-yong menjanjikan timnas U-19 Indonesia bakal meningkat dari segi kemampuan fisik, skill, taktik, dan mental. Keempat hal tersebut bisa lebih mudah dikembangkan jika timnas U-19 Indonesia mau mengikuti pemusatan latihan di Korea Selatan. Berikut penjelasan Shin Tae-yong terkait empat hal yang bisa dikembangkan oleh para pemain Garuda Nusantara lewat TC di Korea Selatan.

Fisik
Sejak awal melatih di Indonesia, persoalan fisik pemain selalu menjadi perhatian Shin Tae-yong. Mantan pelatih timnas Korea Selatan itu menilai bahwa para pemain timnas Indonesia sangat lemah dan belum mampu bermain penuh selama 90 menit.
Oleh sebab itu, Shin Tae-yong berniat untuk meningkatkan kemampuan fisik para pemainnya dengan uji tanding di Korea Selatan. Di sana, mereka bisa berduel dengan para pemain yang lebih diunggulkan dalam hal fisik. Mereka bisa belajar untuk memperbaiki postur tubuh, tempo pertandingan, serta mempertahankan stamina selama 90 menit.

BACA JUGA :  Masih Ingat Artis Cantik Yurike Prastika ? Makin Hot dan Awet Muda

Skill
Setelah punya kondisi fisik yang baik, para pemain timnas U-19 Indonesia bisa meningkatkan skill mereka. Saat ini, Shin Tae-yong merasa para pemain Garuda Nusantara masih punya kekurangan dalam hal skill.

Para pemain muda tersebut masih belum bisa bermain lebih santai saat tempo pertandingan meningkat. Mereka juga dinilai masih kurang mampu mengambil keputusan di saat-saat genting. Kemudian, ketika berduel dengan pemain lawan, mereka juga kurang bisa menunjukkan kemampuan individunya.

Taktik
Persoalan taktik juga tak bisa dilepaskan dari perbaikan fisik para pemain timnas U-19 Indonesia. Shin Tae-yong berniat untuk melatih strategi agar tim Garuda Nusantara bisa menjadi tim yang sistematis ketika dihadapakan pada tempo pertandingan cepat. Mereka juga dituntut untuk bisa bertahan ketika mendapat serangan cepat dari lawan.

Psikologis
Shin Tae-yong tidak melupakan aspek psikologis yang dialami pemain dalam suatu pertandingan. Dalam ajang sebesar Piala Dunia, para pemain tersebut tentu bisa merasa tertekan ketika bertanding melawan tim-tim hebat. Oleh sebab itu, Shin Tae-yong ingin mengajarkan kepada para pemain muda itu untuk mengatasi perasaan tertekan dan tidak gentar ketika menghadapi lawan yang kuat. (tim)


Sudah dibaca : 11 Kali
 






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.

ARTIKEL LAINNYA

VIDEO