Kini kami hadir di Google play store, klik, unduh dan instal

HOME // domainesia // Tekno

   Pada: Kamis, 25 Juni 2020

Cara Screenshot di PC

Cara screeshot di pc
cara screenshot di pc

Proses mencari gambar atau cara screenshot di PC di media internet sudah cukup penting dan aktivitasnya semakin padat. Namun, banyak kalangan lebih menyukai proses screenshot yang mana tidak butuh proses panjang seperti download gambar.

Sehingga screenshot masih banyak dipakai untuk mendapatkan gambar secara utuh ataupun dipotong sebagian dari layar PC komputer. Kemudian sampai sekarang ada beberapa cara menarik dan mudah untuk bisa melakukan screenshot di PC mengandalkan beberapa daftar software tertentu.

Penggunaan software tertentu untuk melakukan cara screenshot di PC komputer sebenarnya sudah familiar di kalangan tertentu. Tetapi masih saja ada beberapa orang masih kebingungan bagaimana cara melakukan screenshot untuk mendapatkan hasil gambar lebih cepat dan mudah.

Cara Screenshot di PC Bisa Anda Pakai

Metode melakukan screenshot tentu saja lebih mudah bila kita mengetahui secara detail bagaimana tahapannya. Kemudian sekarang Anda tidak perlu kebingungan, sebab sudah tersedia beberapa metode screenshoot lebih sederhana dan hemat tenaga seperti berikut ini.

Baca juga : Promo domain ? DomaiNesia aja

Gunakan Kombinasi Keyboard Ctrl + Print

Mungkin Anda sudah familiar dengan cara satu ini, dimana untuk melakukan screenshot bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Print di keyboard Anda. Untuk itulah cara screenshot di PC komputer terbilang mudah karena Anda masih bisa menentukan gamblar yang ingin di sceenshot.

Cara satu ini tidal membutuhkan aplikasi ataupun software tambahan. Kemudian cara simple nya juga sudah dibentuk dalam satu tombol keyboard yakni Print Screen SysRq. Sehingga secara otomatis Anda bisa langsung mengunduh gambar hanya dalam satu tombol di keyboard saja.

Menggunakan Snipping Tool

Cukup populer dimana software Snipping Tool ini banyak digunakan untuk mendapatkan gambar secara otomatis di PC Windows 8 ataupun Windows 100. Akan tetapi penggunaan Snipping Tool ini harus dilakukan proses instalasi dahulu sehingga bisa digunakan secara leluasa.

Proses melakukan screenshot dari Snipping Tool ini dikatakan lebih mudah. Cukup membuka aplikasi Snipping Tool, kemudian klik opsi new, dan lakukan screenshot dengan menyeret kursor sesuai kebtuuhan Anda. Jika sudah selesai pilih opsi save dan gambar screenshot sudah bisa diakses.

Penggunaan Aplikasi Winsnap

Cara tepat untuk cara screenshot di PC komputer bisa memanfaatkan aplikasi Winsnap saja. Untuk memanfaatkan aplikasi satu ini terbilang mudah, karena hanya butuh proses instalasi saja kemudian Anda sudah bisa menggunakan beberapa fiturnya untuk melakukan screenshot.

Aplikasi Winsnap ini juga bisa melakukan editing untuk setiap hasil gambar screenshot yang Anda lakukan sebelumnya. Baik itu memberi warna, memotong gambar, kemudian keunggulan lainnya setiap file bisa berupa PNG ataupun Alpha Channel, sampai dibuat transparan.

Menggunakan Opsi Paint

Paint tidak sekedar digunakan untuk menggambar saja, tetapi bisa juga digunakan untuk screenshot. Bahkan penggunaan Paint untuk mengakses screenshot terbilang umum hingga untuk proses belajarya terbilang mudah.

Bahkan Anda tidak perlu susah payah belajar bagaimana Paint bisa diandalkan untuk melakukan cara screenshot di PC. Sampai akhirnya ada beberapa hal abru masih terus dikembangkan dalam program Windows Paint satu ini.

Menggunakan Program Lightshot

Hampir sama seperti program lainnya yang juga fokus pada proses screenshot pada PC komputer yakni dengan nama program Lighshot. Cukup banyak orang menggunakan program Lighshot tersebut, sebab caranya lebih mudah, simple, dan ukuran filenya tidak terlalu besar.

Dari penggunaan Lighshot juga lebih hemat ruang memori karena tidak butuh banyak tempat. Sedangkan penggunananya bisa dengan cara menginstallnya kemudian buka aplikasinya dan tekan tombol print screen pada tombol keyboard. Secara otomatis akan ada proses cara screenshot di PC komputer Anda.

Beberapa kebutuhan akan print screen ataupun screenshot ini cukup penting karena mempermudah kebutuhan mencari gambar terbaik di internet. Beberapa tahun ke depan penggunaan program sreenshot ini akan terus bertambah peminatnya, sehingga dari fungsi sampai beberapa keunggulan akan terus ditingkatkan.

Manfaatkan Tiny Take Untuk Windows dan Mac

Ada satu lagi sebuah software ataupun aplikasi yang bisa dihadirkan untuk melakukan screenshot di perangkat PC komputer Anda. Maka dari itu, ada sejumlah manfaat bisa dirasakan dalam menggunakan TinyTake, salah satunya ada banyak komponen seperti fitur Rectangle, Text, hingga Ellupse.

Dari penggunaan Tiny Take juga mempermudah Anda dalam mencoba bagaimana metode tepat agar nantinya Anda bisa langsung mencoba memotong gambar secara cepat dan mudah. Sedangkan dari pilihan file yang bisa dimanfaatkan dari Tiny Take ini juga cukup beragam baik itu JPEG, ataupun PNG.

Greenshot

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, cobalah manfaatkan Greenshot yang mana menjadi salah satu software untuk melakukan screenshot jadi lebih mudah. Menariknya lagi dari fitur Greenshot ini cocok untuk mengambil gambar lebih cepat menggunakan sistem tray, ataupun mode screenshot yang cukup mudah.

Beberapa opsi lain seperti Region, dan Last Region bisa dipakai untuk mempermudah proses mengambil gambar dari perangkat PC. Metode dan cara screenshot di PC dari Greenshot ini cukup mudah dan sederhana dilakukan siapa saja. Sehingga Anda bisa menyimpan berbagai gambar secara langsung ke perangkat PC. Tidak perlu bingung karena ada beberapa metode yang sudah diberikan saat Anda menginstall software Greenshot.

PicPick

Bagi pengguna sistem operasi Windows juga bisa melakukan beberapa aktivitas pengambilan gambar dengan cepat dari PicPick. Penggunaan sistem PicPick ini justru bisa beri banyak pengalaman baru. Sehingga ada beberapa mode seleksi gambar, kemudian ada beberapa fitur baik itu Scrolling Windows, ataupun Windows Control dan lainnya.

Pemakaian PicPick ini bisa jadi cara screenshot di PC lebih sederhana karena ukuran dari file software satu ini dianggap lebih kecil dibandingkan jenis software lainnya. Bahkan ada beberapa 40 bahasa yang bisa dihadirkan dan dari desain editing gambar hasil screenshot hampir mirip seperti Adobe Photoshop dan beberapa software editing lainnya.

ShareX

Aktivitas dari pemotongan gambar dari PC komputer bisa lebih cepat dan mudah dengan adanya sarana ShareX. Menariknya lagi dari penggunaan ShareX ini cukup membantu bagi pemilik PC komputer bersistem operasi Windows. Beberapa user interface dari ShareX dinilai lebih mudah dan menguntungkan. Sebab proses dari pengambilan gambar dinilai lebih cepat dengan beberapa fasilitas unggulannya.

Beberapa mode seperti Text Capture, kemudian beberapa fasilitas tambahan lainnya juga semakin mudah dihadirkan dengan tujuan membuat konsep dari pengembangan ShareX ini jadi lebih maksimal dengan memilih bagaimana cara tepat agar Anda lebih mudah dalam mengambil gambar sesuka hati. Proses pengambilan gambar bisa dilakukan secara cepat, tetapi Anda masih bisa menikmati fitur terbaik seperti penambahan teks di dalam gambar kemudian ada color picker, hingga fitur lainnya.

Tidak menutup kemungkinan pengembang program screenshot seperti di atas masih bisa menambahkan fitur terbaru sehingga akan ada update lebih baik dari setiap program. Sampai akhirnya penggunaan aplikasi cukup mudah diakses siapa saja. Sampai akhirnya Anda mengetahui apa keunggulan dari setiap program berisi informasi cara screenshot di PC. (lee/domainesia)

<< Kembali | Selanjutnya >>








Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI