close

HOME // Budaya // Daerah

   Pada: Maret 7, 2020

Peneliti Paul Spencer Sochaczewski, Mencari Jejak Ali Wallace asisten pengembang Teori Evolusi

foto : istimewa (sejumlah mahasiswa sejarah ternate)

Lenterainspiratif.com Kota Ternate. Maluku Utara – Paul Spencer Sochaczewski seorang peneliti dan penulis asal Amerika Serikat yang kini mengguluti dunia riset tentang berbagai isu konservasi dan lingkungan, hak-hak masyarakat lokal (adat). Kini Paul Spencer meneliti dan mencari keturunan Ali Wallace di Ternate – Halmahera Maluku Utara yang membantu Alfred Russel Wallace.

Beliau sangat berharap bantuan masyarakat Malut untuk membantu menemukan keturunan asisten Alfred Russel Wallace dalam upaya mempromosikan konservasi alam. Upaya ini merupakan langkah bersama seorang Paul dan Rinto Taib yang telah berlangsung selama tiga tahun belakangan.

Paul Spencer Sochaczewski sebagai salah satu peneliti saat konferensi pers-nya pada Jum’at (06/03/2020) di Mosium rempah-rempah mengatakan sebuah langka pencarian keturunan Ali Wallace, sahabat dan asisten yang setiah untuk naturalis Inggris, Alfred Russel Wallace yang berguna bagi kepentingan keilmuan, konservasi dan riset akademis.

“Selam tiga tahun berlalu baik kami belum menemukan hasil maksimal dalam upaya mencari Ali Wallace meskipun berbagai cara telah dilakukan, bahkan memakai hal-hal Goib (Dukun) untuk membantu sebagai media dalam upaya pencarian. Sementara banyak orang menyadari tentang peran Ali Wallace selama bersama Alfred Russel Wallace di Ternate dan Nusantara”. Ucap Paul Spencer

Lanjutnya, Ali Wallace berasal dari Malaysia dimana pada tahun 1855 pada usia 15 tahun, ia dibawa oleh Wallace menemaninya bepergian bersamanya selama 7 tahun di seluruh kepulauan Nusantara (Melayu), mengunjungi Singapura, Sumatra, Jawa, Sulawesi, Bali, Lombok, dan puluhan pulau di Maluku, Papua, NTB, dan NTT. Ali Wallace lah yang merawat Wallace ketika ia menderita malaria dan membantu Wallace menyiapkan berbagai bahan tulisan penting mengembangkan Teori Evolusi melalui seleksi alam yang kemudian di kenal sebagai surat dari Ternate (Letter From Ternate) untuk Charles Darwin.

BACA JUGA :   ISAP Kota Ternate, Lakukan Aksi Mogok

Tentu saja menjadi terkenal ketika ia menerbitkan On the Origin of Species, tetapi Wallace lah yang pertama kali menerbitkan mekanisme seleksi alam dan yang pantas mendapat pengakuan lebih besar untuk hal tersebut.

Laman: 12







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI