Panwascam Makian Buka Pendaftaran PPL Untuk Pilbup Hasel

Foto : Ketua Panwaslu Makian, Kisman

Kota Ternate. Maluku Utara
Lenterainspiratif.com — Panwascam Kecamatan Pulau Makian, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), membuka pendaftaran anggota Panitia Pengawas Lapangan (PPL) tingkat Kelurahan atau Desa.

Pembukaan rekrutmen dijadwalkan pada 16 hingga 22 Februari mendatang. PPL itu akan bertugas mengawasi di tingkat Desa dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan tahun 2020.

Hal ini, disampaikan langsung oleh Panwascam Makian Kisman Sarifudin selaku divisi hukum dan penindakan pelangaran, saat dikonfirmasi media ini melalui Via Whatshap, Kamis (13/2/20).

Ia mengatakan, dalam pembentukan Panwaslu kelurahan/Desa dalam Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2020, Panwaslu Kecamatan, Kabupaten/Kota berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019,

“Bahwa Bawaslu membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa,” ucap Kisman.

Lanjut Dia, pendaftaran ini ditandai dengan pengambilan formulir, surat pernyataan dan daftar riwayat hidup yang dapat diambil langsung di sekretariat Panwascam yang bertempat di Desa Waigitang, pendaftaran calon anggota PPL yang di buka di Desa Gitang (Sekretariat Panwascam).

“Hal ini sesuai petunjuk tekhnis (Juknis) rekrutmen PPL, tahap pendaftaran dan pemasukan berkas berlangsung mulai 17-22 Februari 2020, dan berharap kepada masyarakat bersedia ikut pendaftaran PPL dapat segera mengambil formulir yang telah disediakan oleh Panwascam Makian,” jelasnya Kisman.

Tambahnya, sesuai juknis seleksi PPL ini tidak melalui tes tertulis hanya verifikasi administrasi, apabila memenuhi syarat administrasi maka kami komisioner Panwascam Makian langsung melakukan tes wawancara kepada calon anggota PPL. Tahapan wawancara nanti ketiga Komisioner Panwascam akan mewawancarai calon anggota PPL satu per satu (head to head) dengan materi wawancara meliputi PPL.

“Sesuai Juknis seleksi PPL ini sudah tidak lagi melalui tes tertulis dan hanya melakukan verifikasi administrasi. Apabila memenuhi syarat administrasi, maka kami komisioner Panwascam Makian langsung melakukan tes wawancara kepada calon anggota PPL,” tutur Kisman.

Sementara dalam tahapan wawancara nanti, dari ketiga Komisioner Panwascam akan mewawancarai langsung kepada calon anggota PPL satu per satu atau head to head dengan materi wawancara meliputi pengetahuan kepemiluan, tugas dan kewenangan PPL, integritas, hingga penguasaan wilayah kerja lapangan dari anggota PPL/Desa. (Alif)

Bagikan :