Pengobatan Ningsih Tinampi Bukan Kategori Layanan Kesehatan

Foto istimewa

Lenterainspiratif.com, PASURUAN — Pengobatan Ningsih Tinampi yang menjadi fenomena di masyarakat membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur turun melihat metode pengobatan.

Dinkes Jatim menyebut, pengobatan Ningsih Tinampi di Desa Karang Jati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan itu, bukan kategori pelayanan kesehatan. Masyarakat pun diimbau lebih bijaksana memilih layanan kesehatan untuk penyembuhan penyakit.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Herlin Ferliana menuturkan, ada 2 bentuk pelayanan kesehatan dalam dunia pengobatan.

Pertama pengobatan konvensional, dengan pengobatan dan tindakan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Kedua, pengobatan tradisional, dengan memanfaatkan ramuan-ramuan.

Pengobatan tradisional maupun konvensional, kata dia, sama-sama memiliki organisasi yang mengawal dan memiliki standar pelayanan maupun kode etik.

“Tapi, pengobatan Ningsih Tinampi tidak masuk dalam 2 kategori pengobatan tradisional dan konvensional,” kata Herlin, Minggu (9/2/2020).

Sebelumnya pada Rabu (5/2/2020), petugas gabungan terdiri dari Dinas Kesehatan Jatim, Kejati, Polda Jatim, Dinkes Kabupaten Pasuruan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pasuruan mendatangi pengobatan alternatif milik Ningsih Tinampi di Kabupaten Pasuruan, untuk melihat dari dekat praktik pengobatan tersebut.

Aktivitas pengobatan Ningsih Tinampi viral beberapa bulan terakhir. Praktik tersebut selalu dipenuhi banyak pasien hingga dari luar pulau.

Polisi sempat mengamankan lokasi pengobatan tersebut karena Ningsih Tinampi dalam video pengobatannya pernah menyebut bisa mendatangkan malaikat. (fan)

Bagikan :