close

Hadiri Kegiatan Adat, Bupati Hasel Janjikan Lanjutkan Pembangunan

Foto : Bupati Hasel saat menghadiri acara adat.

Halsel, Maluku utara (Malut), Lenterainspiratif.com — Bupati Halmahera Selatan (Halsel) Bahrain Kasuba, hadiri kegiatan adat Tolak bala yang diselenggarakan wargadi Lapangan Desa Panambuang Kecamatan Bacan Selatan, Kamis, (30/1/2020).

Kehadiran Bahrain Kasuba didampingi istri Hj Nurlela. Serta turut hadir Ibnu Tufail Iskandar Alam, Ompu juru tulisra dari Kesultanan bacan, dan Lembaga Aliansi Indonesia Sarjan Taib, serta pejabat dari SKPD lainya.

Kehadiran Bahrain Kasuba di sambut Meriah oleh warga desa panambuang, melalui tradisi Cakalele dan tarian Masamper dari adat Sanger.

Kegiatan adat bertajuk kamai Ria dodoto tahapso, sudah menjadi kegiatan rutin masyarakat Desa Panambuang, yang diselenggarakan dalam setahun sekali. Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dari tiga suku yakni suku Sanger, Suku Tobelo Galela, dan suku Makian. Hal ini Bertujuan untuk memupuk kebersamaan warga desa Panambuang khususnya, dan warga Halsel pada umumnya.

Bahrain Kasuba, dalam sambutanya menyatakan, dengan adanya pelestarian budaya tentunya akan memberi nilai positif terhadap kehidupan bermasyarakat yang lebih baik dan damai.

“Pemerintah akan mendukung kegiatan-kegiatan yang di laksanakan masyarakat,” katanya.

Bahrain dalam kesematan itu, berjanji akan tetap mengawal serta melanjutkan pembangunan yang ada di Halsel.

“Saya akan tetap mengawal dan tetap melanjutkan pembangunan. Karna saya telah meletakkan dasar-dasar pembangunan. Untuk itu saya tetap berupaya Membangun Halsel hingga masyarakat benar-benar merasakan kesejahteraan yang sesungguhnya,” tegas BK sapaan akrab Bahrain Kasuba.

Sementara itu, terpisah Kepala desa (Kades) Panambuang, Heriwanus Karlos menyampaikan, kegiatan adat dengan tema kamai, Ria dodoto, Tahapso, sesunguhnya memiliki hakekat yang paling dalam dimana dengan adanya kegiatan adat ini dapat memperkuat kebersamaan, dan persatuan masyarakat Desa Panambuang dan masyarakat Halsel.

“Hal ini juga merupakan rancangan progres pembangunan Desa Panambuang yang Lebih baik kedepan,” tutupnya. (Andre)

Bagikan :