Kini kami hadir di Google play store, klik, unduh dan instal

HOME // Gaya Hidup // Tips

   Pada: Senin, 27 Januari 2020

Ini Tips Sukses Lulus Tes SKD CPNS

Foto ilustrasi tes SKD CPNS

Lenterainspiratif.com, JAKARTA — Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan digelar mulai Senin (27/1/2020). Seperti tahun sebelumnya, tes ini akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Perlu strategi agar lolos dari tes ini. Apa saja yang diperlukan?

Dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang terbit di laman detik.com, Minggu (26/1/2020), materi SKD yang akan diujikan meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Berdasarkan pengalaman peserta yang lolos tes SKD tahun lalu, diperlukan persiapan yang matang, baik pemahaman materi tes, persiapan fisik, bahkan mental.

Lian Ifandri, seorang Analis Kebijakan yang saat ini bekerja di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), mengatakan, supaya lolos mesti banyak mempelajari soal-soal tes CPNS dari tahun-tahun sebelumnya. Baginya, itu adalah salah satu persiapan penting menjelang tes.

“Seringkali soal-soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun. Soal-soal tersebut dapat dipelajari sehingga ketika mendapati soal sejenis saat ujian maka peserta akan lebih mudah menyelesaikannya,” ujarnya.

Kepada peserta yang akan mengikuti tahap SKD, Lian menyarankan ketelitian, ketenangan, dan manajemen waktu dalam mengerjakan soal. Kegugupan peserta akan mengganggu fokus dan konsentrasi dalam menyelesaikan soal-soal SKD.

Laman: 12

<< Kembali | Selanjutnya >>








Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI