Kini kami hadir di Google play store, klik, unduh dan instal

HOME // Daerah // Nasional

   Pada: Kamis, 16 Januari 2020

Pasca Pelantikan Bupati Mojokerto, Bawaslu Fokus Awasi Netralitas ASN

Foto : Anggota Bawaslu RI, Mohammad Afiffudin

Lenterainspiratif.com, MOJOKERTO — Bawaslu RI menghimbau kepada Bawaslu Kabupaten/Kota agar memelototi netralitas dan pengerahan Aparatur Sipil Negara (ASN) jelang pelaksanaan Pilkada serentak.

Atensi khusus itu, ditujukan kepada daerah yang terdaat petahana maju kembali bertarung dalam Pilkada termasuk Kabupaten Mojokerto. “Perhatian kita pada netralitas ASN. Terutama pada daerah yang incumbent kembali maju,” kata Komisioner Bawaslu RI Divisi Pengawasan dan Sosialisasi, Mohammad Afifudin saat melakukan supervisi di Bawaslu Kabupaten Mojokerto, Kamis (16/1/2020).

Lebih lanjut, mengacu pada surat himbauan yang dikirim ke 270 daerah sebanyak 222 daerah melakukan mutasi di hari terakhir yakni tanggal 8 Januari lalu. Bahkan, ada sebagian daerah memaksa mutasi sebelum batas tanggal 8 Januari hingga malam. “Artinya mereka (Bupati/walikota,red) masih mengupayakan untuk mengindari larangan mutasi,” katanya.

Untuk Mojokerto sendiri lanjutnya mengacu pada dua pilkada sebelumnya yang selalu menghangat. Ia memetakan indeks untuk Kabupaten Mojokerto terutama netralitas dan pengerahan ASN.”Sebenarnya tiap daerah beda-beda bentuk intervensinya. Kalau rawan pengerahan ASN ya pengawasan ASN ditingkatkan. Kalau masalah banyak penduduk belum memiliki E-KTP bawas akan mengandeng Dispenduk,” jelasnya.

Laman: 12

<< Kembali | Selanjutnya >>








Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI