close

Berat, Neng Ita Sodorkan Pakta Integritas Untuk Kasek Kota Mojokerto

Foto : Walikota Mojokerto Ika Puspitasari mengukuhkan, serta menyodorkan pakta integritas dan perjanjian kinerja berjangka satu tahun

Lenterainspiratif.com / MOJOKERTO – Sebanyak 63 Kepala Sekolah Negeri memiliki tugas berat dengan jenjang TK, SD dan SMP di Kota Mojokerto, setelah Walikota Mojokerto, Ika Puspitasari mengukuhkan, serta menyodorkan pakta integritas dan perjanjian kinerja berjangka satu tahun. Di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto di Gedung SDN Wates, Jalan Raya Ijen, Rabu (15/1).

Selain itu, Neng Ita sapaan akrab Walikota Mojokerto juga bakal mengevaluasi sejauh mana kinerja Kasek setiap tahunnya. Evaluasi ini menjadi pertimbangan bagi Walikota untuk memberhentikan tugas atau memperpanjang kontrak Kasek nantinya.

“Baru kali ini Kasek diwajibkan teken pakta integritas dan perjanjian kerja. Sebelumnya tidak ada sistem seperti ini di Pemkot Mojokerto,” ujar Ning Ita.

Ia (Ning ita), juga menegaskan dengan teken pakta integriras, Kasek secara otomatis setuju untuk memenuhi standart yang ditetapkan oleh Pemkot Mojokerto.

“Sesuai indikator kinerja utama, Kasek dituntut untuk bekerja sebaik-baiknya dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Kota Mojokerto,” ucapnya.

Ada tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi. Diantaranya, Kasek harus inovatif dan visioner dalam melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi kepada guru serta tenaga pendidik.

“Eranya sekarang sudah berubah, dan Kasek harus bisa menangkap perubahan tersebut dan mengimplementasikannya sesuai tuntutan jamannya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Walikota juga berjanji akan melakukan evaluasi terhadap kinerja para kepala sekolah ini. “Kinerja mereka akan dievaluasi setiap tahunnya. Khususnya poin-poin sesuai dengan pakta integritas dan perjanjian kerja. Hasil penilaian kinerja tersebut menjadi bahan pemberhentian penugasan maupun perpanjangan tugas,” tegasnya.

Sekedar informasi, bahwa Walikota Mojokerto, melakukan rotasi seluruh Kasek Negeri di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Mojokerto. Rotasi menyeluruh dilakukan untuk menghilangkan stigma sekolah favorit di Kota Mojokerto. Diharapkan dengan rotasi sebanyak 9 orang Kasek SMP Negeri, 52 orang Kasek SD Negeri dan 2 orang Kasek TK Negeri ini terjadi pemerataan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Mojokerto.

Selain itu, Amin Wachid kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto, bahwa dasar pemikiran melakukan pengukuhan, yaitu terdapat 9 sekolah yang selama ini kosong kepala sekolahnya, yang selama ini di plt. Oleh karena itu pihaknya melakukan proses seleksi kepala sekolah sesuai prosedur yaitu Melakukan seleksi, Diklat pelatihan Kepala Sekolah, serta penguatan Kepala Sekolah dan Hasilnya yang dilantik hari ini. (roe)

Bagikan :