Pakai Jimat Saat Tes CPNS, Ampuhkan?

Foto istimewa, contoh jimat (Google)
Lenterainspiratif.com — Segala cara dilakukan agar mencapai tujuan yang diinginkan, termasuk membawa jimat saat hendak mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS. Ampuhkan hal itu??

Namun kelakuan membawa jimat saat ujian sudah diantisiasi oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). BKN meminta para peserta tak membawa jimat dalam pelaksanaannya, mengingat hal ini terus terjadi dalam tes CPNS di tahun-tahun sebelumnya.


“Imbauan kami, tak usahlah percaya yang begitu-begitu (jimat), persiapkan diri anda dengan belajar yang sungguh-sungguh dari sekarang. Bisa juga dengan simulasi beberapa aplikasi online,” kata Paryono, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jumat (10/1/2020).
Paryono mengatakan, peserta CPNS 2019 lebih baik mempersiapkan diri dengan belajar ketimbang mencari hal-hal berbau klenik seperti jimat. “Jangan percaya jimat-jimat, sekarang sudah zamannya online,” tuturnya.

Lagi pula, Paryono bilang, peserta yang ketahuan membawa jimat tidak akan diperbolehkan masuk ke ruang tes dengan jimat tersebut. BKN akan ketat melakukan pengecekan terhadap peserta.

“Sebelum masuk ada SOP BKN untuk cek semua yang dibawa pelamar. Kalau ada yang bawa pasti kena,” tegasnya.

Paryono juga mengingatkan para pelamar untuk tak lupa mencetak kartu peserta tes dan memantau perkembangan informasi pelaksanaan tes lewat instansi yang dilamar.

“Cetak kartu peserta, pantau terus webinstansi untuk tau kapan dia tes SKD dan tentunya juga harus belajar untuk SKD,” katanya.  (tim)

Bagikan :