close

HOME // Daerah // Unik

   Pada: November 9, 2019

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW Warga Sooko Tradisikan Keresan

Foto : tradisi keresan saat digelar

Mojokerto – memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, tradisi unik dilakukan oleh warga Dusun Mengelo, Desa Sooko, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto. Tradisi itu bernama “Keresan”.

Keresan’ merupakan tradisi warga Dusun Mengelo yang digelar rutin tiap tahun. Yakni tradisi berebut aneka hasil bumi dan berbagai hasil home industri sebagai ucapan syukur atas Maulid Nabi.

Ratusan warga Dusun Mengelo terlebih dulu melakukan kirab keliling kampung dan pengajian umum di masjid Dusun Mengelo.

Namun yang menjadi fokus utama dalam tradisi ini adalah dua pohon kersen (keres dalam bahasa Jawa, red) yang ditancapkan di tengah jalan desa atau tepat di sebelah timur jalan Masjid Darussalam.Dua pohon keres atau pohon talok berbuah berbagai buah dan hasil bumi, hingga bagian rantingnya yang sarat dengan pakaian, topi, sepatu, sandal dan sayur mayur.

Buah dan hasil bumi ataupun berbagai macam produk memang sengaja diikat oleh pengurus masjid. Hal itu di tujukan untuk masyarakat yang percaya atas berkah jika mendapatkan barang-barang tersebut.

Diujung acara usai sholawat hingga do’ a dilantunkan, ratusan warga yang sebelumnya sudah geram untuk merebut isi dari pohon keres langsung meringsek masuk dari garis batas yang di bentangkan oleh panitia.

Tidak hanya kaum pria, anak anak hingga ibu-ibu turut berebut hadiah buah keres. Bahkan, warga juga yang nekat memanjat pohon kersen hingga beberapa rantingnya patah.

Laman: 12







Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.




VIDEO TERKINI