Kapolres Ternate Jamin Keselamatan Wartawan Dalam Jalankan Tugasnya

TERNATE – Kepala Kepolisian Resor (Polres) Ternate, AKBP Azhari Juanda menjamin keselamatan dan keamanan Wartawan yang melakukan peliputan di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut), jumat (26/9/2019).

“Media merupakan pilar demokrasi dalam menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat, sehingga media tentu menjadi mitra strategis polisi dalam mengawal demokrasi,” tutur Kapolres saat hearing terbuka dengan puluhan Wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Malut.

Kapolres menambahkan, pihaknya sudah saling mengenal dengan wartawan dan telah menjalin hubungan yang baik selama ini.

“Tanpa rekan-rekan Wartawan menggunakan iDcard pun Kita sudah saling mengenal. Ini yang paling penting,” kata Kapolres.

Walaupun demikian, Kapolres tetap menghimbau agar atribut berupa id card atau tanda pengenal harus tetap dipakai apalagi dalam aksi-aksi yang basar.

“Sehingga anggota-anggotanya yang bertugas melakulan pengamanan mengenali wartawan di lapangan,” himbaunya.

Kapolres juga meminta wartawan untuk menempatkan diri di belakang aparat keamanan jika meliput dalam aksi yang besar, sehingga petugas atau anggota bisa melindungi Wartawan apabila ada pelemparan dari massa.

“Berdiri dibelakan Kami, ini jika rekam-rekan pers melakukan peliputan aksi unjuk rasa dalam massa yang besar, karena jika berada di kerumunan masa, jelas polisi tidak mengetahui keberadaan rekan wartawan,” pintanya.

Meski begitu, Kapolres tetap menjamin dan memastikan bahwa Wartawan di Kota Ternate akan tetap mendapat perlindungan dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

“Saya, Kapolres Ternate, memastikan akan melindungi dan menjamin keselamatan rekan-rekan Wartawan di lapangan dalam melakukan peliputan di Kota Ternate,” tutup Kapolres. (ridal)

Bagikan :