Universitas Khairun Ternate Akan Gelar Wisuda

TERNATE – Universitas Khairun (Unkhair) Ternate dijadwalkan wisuda pada 21 September 2019 mendatang. Hal ini berdasarkan tanggal kalender akademik Unkhair. Sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Bagian (Kabag) Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Khairun Nurdewi Rizka kepada LenteraInspiratif.com.

“Sebanyak 937 Mahasiswa yang akan wisuda nanti, terdiri dari tujuh fakultas diantaranya Fakultas Hukum sebanyak 68 orang, Fakultas Ekonomi 187, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 357 orang, Fakultas Pertanian 52 orang. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 27 orang, Fakultas Ilmu Budaya 32 orang, dan Fakultas Teknik 93 orang. Kemudian ditambah dengan Pascasarjana 65 dan PPG, 56 orang, “terangnya, Kamis (12/9/2019).

Lanjut, Nurdewi bahwa Untuk pendaftaran wisuda sudah ditutup pada 23 Agustus kemarin. Saat ini, pihaknya dalam proses penginputan data mahasiswa ini untuk pembukuan wisuda. Mereka (Calon Wisudawan, red) juga sekarang sudah tanda tangan ijazah asli.

“Untuk uang pendaftaran wisuda bagi mahasiswa UKT sudah tidak ada lagi pembayaran. Yang bayar hanya bagi mahasiswa yang bukan UKT atau mahasiswa angkatan 2012. Pembayarannya hanya Rp. 1juta 250ribu, “jelasnya.

Nurdewi menambahkan sementara itu, untuk mekanisme pelaksanaan wisudanya tetap sama seperti tahun kemarin. Dilaksanakan di Aula Banau, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun Ternate. Kuota yang ditentukan oleh kampus hanya 700. “Ini disesuaikan dengan besaran ruangan. Namun, jika hal itu benar diterapkan maka akan ada banyak mahasiswa yang terpaksa wisuda pada Maret 2020 nanti, “urainya.

Olehnya itu, diperluas kuotanya sampai sembilan ratus lebih ini. Kemudian, wisudawan kali ini sudah tidak lagi menggunakan nomor seri ijazah. Melainkan, Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Bedanya No serial dan PIN adalah Nomor serial diproses oleh kampus sendiri. Dan PIN diproses langsung dari Dikti. Tapi kegunaanya sama, bahwa keduanya ada itu sebagai bukti bahwa berkas calon wisudawan sudah fiks atau lengkap dan selesai.

“Sudah tidak ada lagi kesalahan nama, tempat tanggal lahir dan seterusnya dari mahasiswa. Sehingga, ketika mahasiswa baru itu mau mengikuti tes CPNS nanti. Sudah tidak lagi khawatir,” pungkasnya. (Atir).

Bagikan :