Pantai Tobololo Masih Menjadi Tempat Favorit Untuk Wisata Ilmiah

TERNATE – Karena pesona hamparan pasir pantai yang tidak kalah indah dengan pantai-pantai lain, membuat Pantai Tobololo selalu menjadi tempat faforit bagi Mahasiswa senior IAIN Ternate untuk melakukan Wisata Ilmiah dengan Mahasiswa baru (MABA), minggu (8/9/2019).

Salah satu senior di program studi Biologi semester lima, Ramji Toko menyebut, tempat ini menjadi pilihan karena pantainya indah, sehingga Mahasiswa bisa melihat keindahan Pulau Hiri dari timur. Demikian pula Teluk Jailolo dari jauh. Pihaknya juga menyadari bahwa jarak dari Kota Ternate ke Tobololo sungguhlah tak jauh sehingga tidak membuang waktu banyak untuk sampai lokasi wisata kawasan Pantai Tobololo.

“Tempat ini dapat dijangkau dari Kota Ternate selama 20 menit dengan roda empat, dan hanya 15 menit kalau menggunakan roda dua. Di sini terdapat hamparan pantai berpasir gelap namun bersih sepanjang 1 kilometer serta deburan ombak utara dan deburan ombaknya juga bagus,” sebutnya.

Dirinya juga menuturkan, wisata ilmiah ini juga merupakan bagian dari tujuan pendidikan, karena Maba cendrung lebih merasa menyenangkan karena lokasinya diluar ruangan.

“Kita tentu mengharapkan mereka mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman dengan diadakannya wisata ilmiah. Oleh karena itu, untuk memberikan pengajaran tanpa menghilangkan kesenangan mereka, kita perlu membuat perencanaan wisata ilmiah yang lebih terorganisir dengan ide-ide kreatif yang lebih terstruktur,” tutur Amji.

Dirinya berharap, dengan adanya Wisata Ilmiah Maba mampu menjadikan tempat seperti Pantai Tobololo ini sebagai sumber pengetahuan.

“Mudah-mudahan mereka (Maba) bisa menjadikan Pantai Tobololo sebagai tempat belajar, bukan malah menjadi otoriter. Tapi bisa memberikan motifasi dan lain-lain sebagainya,” demikian harapan Amji. (ridal)

Bagikan :