TP2GD Gelar Seminar Untuk Usulkan Sultan Baabullah Sebagai Pahlawan Nasional

TERNATE – Seminar nasional perdana pengusulan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional yang digagas oleh Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kota Ternate, Kamis, (15/8/2019). Seminar tersebut dilaksanakan di Pandopo Kesultanan Ternate.

Seminar ini dihadiri oleh Keluarga Besar Kesultanan Ternate, Sultan Tidore, Wali Kota Ternate, Sekertaris Daerah Kota Ternate, Beberapa Akademisi Kota Ternate, dan Tiga narasumber yang terdiri dari sejarawan nasional, sejarawan daerah, dan perwakilan Kementerian Sosial serta 129 peserta yang mengikuti dalam seminar tersebut.

Hal ini disampaikan oleh M. Ronny M. Saleh saat ditemui oleh awak media bahwa seminar nasional pengusulan pertama tentang kepahlawanan Sultan Baabullah merupakan satu bentuk penghormatan kita sebagai generasi penerus para leluhur (pahlawan) terdahulu dalam memperjuangkan Negeri Moloku Kie Raha.

“Seminar kali ini bakal menjadi rujukan penting, untuk memperkuat pembuatan naskah akademik. Karena TP2GD juga akan menyelenggarakan seminar kedua di Jakarta pada bulan Oktober, “jelasnya.

Ronny menambahkan, seminar ini bagian dari penguatan literasi untuk mengusulkan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional, agar adanya pengakuan dari Negara. Karena kita harus mengikuti sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dan seminar berikut di Jakarta kami menyiapkan beberapa Profesor ahli sejarawan dari Universitas Indonesia dan Universitas Gadja Mada, yang memiliki keahlian dibidang sejarah, “Ungkap Ronny

“Maka itulah kami mengundang pihak Kemensos untuk memperkuat kesiapan seminar kedua di Jakarta,” katanya.

Ronny yang juga selaku Presidium Keluarga Malamo Ternate (KARAMAT) ini, berharap agar semua pihak, terutama pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi turut mendukung pengusulan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional.

Hal senada disampaikan oleh Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman mengatakan, sebagai pemerintah Kota Ternate, kami tetap mendukung Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional, ungkapnya

“Untuk itu, pengusulan sultan baabullah sebagai pahlawan nasional ini, harus memenuhi syarat, dan syarat-syarat itu harus kita penuhi. Sebagaimana dalam aturan yang telah dibuat oleh pemerintah, “tuturnya.

Olehnya itu, kami berharap perjuangan sultan baabullah sebagai pahlawan nasional ini bukan hanya berakhir disini. “Tetapi harus sampai ada keputusannya, “tandasnya. (atir)

Bagikan :