PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI PRODUK OLAHAN SUSU DAN UBI

Foto : Dosen Ilmu Komunikasi UNIM Ratnaningrum ZD, S.IP , M.Ikom sedang memberikan materi mengenai keuntungan promosi produk melalui media sosial.

Mojokerto – Kegiatan workshop pemanfaatan media sosial telah diselenggarakan di Desa Kemiri Kecamatan Pacet Kabupaten Mojokerto pada hari Kamis, (15/08). Kegiatan yang berada di Balai Desa Kemiri tersebut, diselenggarakan oleh Mahasiswa KKN Tematik Universitas Islam Majapahit dan dibuka langsung oleh ketua PKK Kemiri. Dengan mendatangkan 2 narasumber yang berasal dari dosen Ilmu Komunikasi UNIM dan juga ahli IT.

Sasaran workshop adalah ibu-ibu PKK dan Karang Taruna dari masing-masing perwakilan Dusun yang ada di Desa Kemiri. Tujuan acara ini diharapkan supaya memberikan dampak yang baik bagi masyarkat Di Kemiri khususnya para ibu-ibu PKK dan Karang Taruna dengan adanya akun media sosial seperti FB, IG dan Blog sebagai sarana pengenalan produk ke masyarakat luas.

Ratnaningrum selaku pemateri menjelaskan apa itu media sosial, seberapa penting media sosial untuk promosi produk, pentingnya mengelola akun media sosial dengan konsisten dan juga bagaimana cara untuk membuat suatu produk agar menarik dan disukai oleh banyak konsumen. Sedangkan narasumber yang kedua yaitu Lazuardi Gilang Gumilang menjelaskan cara-cara membuat akun media sosial dari FB, IG dan juga Blog. Selain menjelaskan cara pembautan, Gilang juga membuatkan akun Blog Kemiri yang rencananya akan dikelola oleh pihak Karang Taruna setempat.
Selain materi menganai media sosial dan pembuatan akun Blog milik Desa, KKN Kelompok 11 juga membuat produk baru olahan dari susu dan ubi yang perdana diperkenalkan kepada masyarakat Desa Kemiri. Produk-produk tersebut adalah Es Krim Ubi Susu, Pudot (Puding sedot)Susu, dan Dessero atau Dessert Oreo Susu. Dengan harapan dapat agar masyarakat berinovasi untukmenciptakan produk-produk lainnya dikemudian hari.
Manfaat adanya kegiatan workshop mengenai media sosial ini, yang pertama adalah pengenalan pemanfaatan media sosial sebgai sarana promosi produk olahan susu dan ubi khas Desa Kemiri. Kedua, masyarakat lebih melek terhadap media sosial. Ketiga, Desa kemiri dapat dikenal lebih banyak orang karena telah menghasilkan produk-produk yang kreatif. Dan yang keempat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Setelah acara ini selesai, Mahasiswa KKN akan membentuk pengelola atau admin media sosial dari masing-masing olahan produk dan mendampingi masyarakat dalam pembuatan produk-produk yang olahan pangan agar mempunyai nilai jual yang tinggi di pasaran. (Nis)

Bagikan :