Menu Navigasi


Sering Diabaikan, Ini Manfaat Buah Kersen

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
foto : buah kersen.

MOJOKERTO – Di Indonesia, buah kersenbukan sesuatu yang asing lagi dan mudah sekali menemukannya. Buah berukuran kecil yang mudah didapatkan ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Di Amerika sendiri, buah kersen dikenal dengan nama latin muntingia calabura yang cukup asing tapi mereka mengetahui persis manfaat buah berukuran kecil yang manis tersebut.

Para peneliti ahli gizi pun mengakui kalau buah-buahan yang asing seperti kersen ini justru memberikan manfaat luar biasa pada tubuh manusia.

Melansir dari lifehack.org, para ahli gizi telah menjabarkan belasan manfaat luar biasa dari buah kersen yang sering kali terabaikan hingga berjatuhan di jalan. Berikut adalah 5 manfaat buah kersen.

1. Bersifat antibakteri

Bakteri adalah penyebab utama timbulnya penyakit. Para ahli pun mengatakan buah kersen yang memiliki sifat antibakteri sangat berguna sebagai antibiotik alami.

Mereka mempercayai buah kersen mampu melawan bakteri dalam usus, sepsis dan difetri serta bakteri lain penyebab penyakit.

2. Menghilangkan sakit kepala

Orang yang menderita sakit kepala parah karena mengalami penyumbatan di pembuluh darah bisa memanfaatkan buah kersen sebagai obat alami.

Karena, buah kersen ini dipercaya mampu melonggarkan atau mengatasi penyempitan pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh kembali normal.

3. Cegah kanker

Selain buah kersen, daun pohon kersen juga memiliki khasiat luar biasa yang bertindak mencegah pertumbuhan tumor dan sel kanker.

Banyak penelitian telah membuktikan kalau daun kersen ini berguna untuk mencegah kanker yang bagus jika dikonsumsi oleh perokok.

4. Turunkan tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti merokok, garam, diet tinggi lemak atau keturunan. Darah tinggi ini bisa saja semakin memburuk dan berakibat fatal, seperti serangan jantung dan stroke.

Karena itu, seseorang dengan tekanan darah tinggi harus pandai mengontrolnya, salah satu caranya mengonsumsi buah kersen. Buah kersen yang diolah menjadi minuman teh memiliki banyak nitric oxide, bahan kimia alami yang mampu menurunkan tekanan darah dan memperlancar aliran darah.

5. Mengatasi diabetes

Bagi penderita diabetes, sudah pasti mereka harus melawan penyakitnya seumur hidup. Mereka juga harus rajin memantau kadar gula darahnya dengan obat atau jarum suntik.

Buah kersen yang memiliki rasa manis ini dipercaya mampu menurunkan gula darah dengan mengonsumsinya secara teratur seperti obat atau injeksi alami. Karena itu, penderita diabetes tak perlu ragu dan takut memakan buah kersen ini. (tim)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Bagikan :

1 / 3
Caption Text
2 / 3
Caption Two

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

BERITA TERKAIT :