Menu Navigasi


Ini Manfaat Dari Konsumsi Telur Rebus

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
foto : telur rebus.

MOJOKERTO – Meski rasanya tak segurih telur goreng atau omelet, tetapi telur rebus punya manfaat sehat. Olehnya itu, lebih baik sarapan telur rebus.

Telur jadi menu sarapan favorit banyak orang. Ini karena telur praktis dan relatif murah. Selain digoreng, dibikin orak-arik atau omelet, cara sederhana menikmati telur adalah direbus.

Telur rebus bisa dibuat dengan tingkat kematangan sesuai keinginan. Yang keras kuning telurnya, lembek atau bahkan meleleh cair. Tergantung pada lamanya telur direbus. Selain nutrisi telur, dirangkum dari berbagai sumber berikut ini beberapa manfaat sehat lainnya dari konsumsi telur rebus.

1.Mendorong metabolisme

Kandungan asam amino dalam telur membuat tubuh lebih mudah memakai proteinnya. Karena telur tinggi protein sehingga bisa mendorong metabolisme hingga 80-100 kalori. Telur juga mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang mengurangi penyerapan kolesterol.

2.Rendah kalori

Telur rendah kalori karena hanya mengandung 78 kalori per butirnya. Jika ingin mengurangi lemak, Anda bisa menyisihkan kuning telurnya. Tetapi jika ingin lebih kenyang bisa konsumsi 2 butir telur yang kalorinya kurang dari 200 kalori.

3. Memberi rasa kenyang

Makan telur akan membuat kenyang lebih lama, sehingga tak cepat lapar. Ini karena telur kaya protein sehingga mengurangi keinginan makan berlebihan.

4. Kaya akan kolesterol baik

Telur dapat menaikkan kadar HDL (high density lipoptotein) atau kolesterol baik. Orang dengan kadar HDL tinggi memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan masalah kesehatan lain yang serius. Makan 2 butir telur tiap hari bisa meningkatkan HDL.

5. Mempertajam penglihatan

Telur mengandung dua antioksidan esensial, lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksiden ini menjaga kesehatan mata. Melindungi mata dari sinar UV juga dapat mengurangi risiko katarak sejak dini.

6. Mengurangi kembung

Perut kembung umumnya disebabkan oleh makanan kurang sehat. Dengan sarapan telur rebus Anda akan merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keingian menyantap makanan sembarangan. Konsumsi telur rebus akan memberi rasa kenyang yang tak terlalu berat sehingga lebih nyaman di perut.

7. Menjaga kesehatan otak

Makan dengan teratur bisa menjaga kesehatan otak. Telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang membantu fungsi otak. Menjaga fungsi sel otak, memori, sistem syaraf dan metabolisme. (tim)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Bagikan :

1 / 3
Caption Text
2 / 3
Caption Two

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

BERITA TERKAIT :