Momen Liburan Hari Raya, Tanjung Duma Diserbu Pengunjung

foto : lokasi tanjung duma.

HALUT – Halmahera Utara merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Maluku Utara, yang banyak menyuguhkan keindahan panorama alamnya. Ada banyak pantai dan gugusan pulau cantik yang ada di Kabupaten tersebut. Selain itu, di Kabupaten Halmahera Utara penuh dengan daya tarik sejarah maupun alam.

Salah satunya adalah panorama tentang keindahan Tanjung Duma, yang berada di Desa Duma, Kecamatan Galela Barat. Dari daya tarik keindahannya, Tanjung Duma menjadi salah satu tempat obyek wisata yang banyak diserbu pengunjung dikala momentum liburan Hari Raya Idul Fitri 1440H.

Disebelah utara Kota Tobelo dan berjarak kurang lebih 26 km, Tanjung Duma merupakan danau terbesar di Pulau Halmahera dan memiliki nilai sejarah penting bagi masyarakat setempat. Seperti yang diungkapkan oleh Cut Mutiah Darmawan Usman, salah satu pengunjung Tanjung Duma.

“Tanjung Duma menawarkan panorama alam yang indah dan natural. Selain itu, Tanjung Duma yang berada di danau ini merupakan tempat masuknya Injil pertama kali di Pulau Halmahera. Ketika itu Injil dibawakan oleh misionaris Belanda, Van Dijken pada sekitar tahun 1816, “ungkap Cut Mutiah, Minggu (09/06/2019).

Selain itu, kata Cut Mutiah, Tanjung Duma juga menyediakan tempat-tempat yang indah untuk berselfi atau foto. “Dengan adanya fasilitas untuk selfi, Tanjung Duma semakin nampak indah. Serta cocok untuk tempat mengabadikan momen kebersamaan beserta keluarga, sahabat, dan saudara, “terangnya.

Masih kata Cut Mutiah, selain harga tiket masuk ke Tanjung Duma yang cukup terjangkau, tempat tersebut juga menyuguhkan keindahan yang dapat disaksikan saat mengunjungi Tanjung Duma terutama sore hari menjelang matahari terbenam. Ada pemandangan orang yang tengah mendayung sampan di tengah danau, sementara bias matahari senja menimpa rerumpun tanaman eceng gondok yang terapung-apung. “Jadi jangan heran, jika saat musim liburan Tanjung Duma diserbu oleh wisatawan. Karena selain tempatnya yang asri, Tanjung Duma juga menyuguhkan berbagai tempat untuk berselfi, “pungkas Cut Mutiah. (red)

Bagikan :