Menu Navigasi


Batik Tubo Merupakan Khas Maluku Utara

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
foto : motif batik tubo

Jurnalis : Sarif Umra
Ternate, Lentera inspiratif.com
Sejak tahun 2010, masyarakat Maluku Utara, telah menciptakan batik yang tidak kalah bagusnya. Prosesnya pun sama dengan batik pada umumnya. Meski sudah tujuh tahun diciptakan, batik ini masih menjadi primadoma masyarakat maluku utara. Sebab, batik tersebut mempunyai motif yang indah dan sekaligus merupakan sebagai identitas masyarakat maluku utara. Batik tersebut adalah batik tubo, yang diambil dari nama daerah yang ada di maluku utara. Namun, masyarakat luar masih menyebut bahwa batik tersebut khas dari kota ternate. Padahal, batik tubo adalah khas batik untuk maluku utara. Dan untuk produksi kain batik tubo tersebut, berada di daerah Kelurahan Kalumpang, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.
“Saya bangga menjadi orang malaku utara, karena punya kain batik tubo, yang menjadi khas suatu daerah, “ucap Jun, salah satu pengrajin kain batik tubo, saat ditemui pada, Minggu (12/11/2017).
Dalam proses pembuatan satu kain batik tubo hanya memakan waktu satu hari. Namun, yang berbeda dari batik pada umumnya adalah motif dari Batik Tubo itu, ada ciri khas dari  adat budaya maluku utara, yakni cengkeh, pala, peta, dan kelapa. Dan serta ikan adalah ciri khas orang Indonesia Timur, dan motif dan warnanya yang beragam.
“Warna batik tubo pun beragam, dari warna hijau, merah, orange, kuning dan sebagainya. Dan harganya pun sangat murah yakni mulai dari Rp 250rb sampai jutaan rupiah, “jelasnya
Dan serta pada seluruh masyarakat maluku utara agar selalu mencintai kain batik tubo. Karena batik Tubo merupakan salah satu identitas daerah Maluku Utara. “Dan kalau masyarakat memakai batik Daerah Maluku Utara, secara tidak langsung identitas daerah akan tetap terbaca.”tegasnya
Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Bagikan :

1 / 3
Caption Text
2 / 3
Caption Two

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

BERITA TERKAIT :